PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

MIKROSKOP




Seorang Biolog hendaklah mampu menggunakan mikroskop dengan baik. Mikroskop adalah alat optik yang sering digunakan dalam penyelidikan/pengamatan objek biologi. Oleh karena itu setiap orang/mahasiswa yang mempelajari atau bergerak dalam bidang Biologi haruslah mengenal dan terampil menggunakan mikroskop terutama mikroskop medan terang.
Mikroskop medan terang menggunakan lensa dari gelas dan cahaya matahari atau lampu sebagai sumber penyinaran. Cahaya dari luar yang dikumpulkan dan dipantulkan oleh cermin, akan mengenai spesimen sehingga menghasilkan bayangan dari spesimen yang akan dibesarkan oleh lensa dan kemudian diterima oleh mata. mikroskop optik yang banyak digunakan sekarang tersusun atas dua lensa yaitu lensa okuler yang dekat dengan mata dan lensa objektif yang dekat denga objek. Lensa objektif maupun okuler di dalamnya berisi beberapa lensa dengan susunan tertentu. Pembesaran yang dapat diperoleh dari masing-masing jenis lensa ditentukan oleh susunan dari lensanya dan biasanya ditulis pada bagian luar lensa. Pembesaran total mikroskop optik bisa ditentukan dengan mengalikan pembesaran objektif dengan pembesaran okuler. Mikroskop optik yang mempunyai satu lensa okuler dinamakan mikroskop monokuler. Mikroskop optik yang mempunyai dua lensa okuler dinamakan mikroskop binokuler.

Untuk mendapatkan gambaran stereo (tiga dimensi) dari objek yang tidak begitu renik biasanya digunakan mikroskop stereo atau mikroskop bedah binokuler (binocular dissecting microscope). Mikroskop ini mempunyai dua okuler  dan dua objektif sehingga dapat diperoleh bidang pandang yang jelas.



Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 

0 Response to "MIKROSKOP"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr