Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Ketanggapan

   
Semua makhluk hidup mampu tanggap terhadap perubahan tertentu (stimuli) disekitarnya. Perubahan terhadap alam sekitar seperti cahaya, panas, gravitasi, bunyi, kontak mekanik dan bahan-bahan kimia disekelilingnya merupakan stimuli umum dimana organisme harus bersifat tanggap. Agar tanggap terhadap stimuli ini organisme harus memiliki suatu cara untuk mendeteksinya.

Mata, telinga dan hidung seekor anjing merupakan alat detektor stimuli yang efektif karena yang tahu pada hewan ini dapat mengujinya. Bila seekor anjing diisyaratkan untuk makan, beberapa ototnya akan berkontraksi dan kelenjer pencernaan mulai berfungsi, Sistem saraf dan sistem hormon mengkoordinasikan seluruh kegiatan yang harus dilakukan. Tindakan yang dilakukan suatu organisme sebagai respon terhadap stimuli dilaksanakan oleh efektor. Untuk mengaktifkan otot-otot berkontraksi dan mengeluarkan kelenjer untuk mensintesis enzim-enzim pada pencernaan diperlukan energi yang didapat dari makanan.



Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Ketanggapan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr