PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)



TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI
 (SLAVIN, 1995)

Langkah-langkah :

  1. Guru menyajikan secara umum mengenai materi yang akan di pelajari kepada siswa.
  2. Kemudian Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok  yang heterogen,(campuran  menurut prestasi, jenis kelamin, aktifitas dan tempat tinggal).
  3. Guru memberikan tugas kepada kelompok berupa LDS yang berisi pertanyaan yang akan didiskusikan dan dipecahkan secara berkelompok.  Setiap anggota kelompok berdiskusi mengerjakan LDS yang diberikan oleh guru.
  4. Setelah diskusi kelompok selesai , guru  meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempersentasikan dalam diskusi kelas mengenai materi yang telah dibahas secara kelompok. Siswa yang belum mengerti mengajukan pertanyaan dan menanggapi dalam diskusi kelas.
  5. Anggota kelompok lain memberikan  tambahan penjelasan tentang materi yang diajukan oleh kelompok lain.
  6. Kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelas akan di berikan poin, dimana kelompok yang paling banyak mendapat point akan di berikan reward pada akhir diskusi.
  7. Guru meluruskan materi jika ada materi yang salah dalam diskusi, dan mengkukuhkan materi yang benar dalam diskusi kelas.
  8. Siswa dibimbing oleh guru untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelas yang telah dilaksanakan. Kesimpulan tersebut kemudian di kukuhkan oleh guru.
  9. Guru memberikan  evalusi dalam bentuk kuis (Post test) kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu dan dikerjakan secara individu
  10. Setelah dilakukan post test guru memberikan penugasan terstruktur dalam bentuk mengerjakan LKS dirumah untuk memperdalam materi atau membaca tentang materi pada pertemuann selanjutnya.
  11. Guru menutup pelajaran dengan berdo’a dan mengucapkan salam.




0 Response to "STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr