TIM
SISWA KELOMPOK PRESTASI
(SLAVIN, 1995)
(SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah :
- Guru
menyajikan secara umum mengenai materi yang akan di
pelajari kepada siswa.
- Kemudian Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok yang heterogen,(campuran menurut prestasi, jenis kelamin, aktifitas
dan tempat tinggal).
- Guru
memberikan
tugas kepada kelompok berupa
LDS yang berisi pertanyaan yang akan didiskusikan dan dipecahkan secara
berkelompok. Setiap anggota kelompok berdiskusi mengerjakan LDS yang diberikan oleh
guru.
- Setelah diskusi kelompok selesai , guru meminta perwakilan dari masing-masing
kelompok untuk mempersentasikan dalam diskusi kelas mengenai materi yang
telah dibahas secara kelompok. Siswa yang belum mengerti mengajukan
pertanyaan dan menanggapi dalam diskusi kelas.
- Anggota kelompok lain memberikan tambahan penjelasan tentang materi yang
diajukan oleh kelompok lain.
- Kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelas
akan di berikan poin, dimana kelompok yang paling banyak mendapat point
akan di berikan reward pada akhir diskusi.
- Guru meluruskan materi jika ada materi yang salah
dalam diskusi, dan mengkukuhkan materi yang benar dalam diskusi kelas.
- Siswa dibimbing oleh guru untuk menarik kesimpulan
dari hasil diskusi kelas yang telah dilaksanakan. Kesimpulan tersebut
kemudian di kukuhkan oleh guru.
- Guru
memberikan evalusi dalam bentuk kuis (Post test)
kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu dan dikerjakan secara individu
- Setelah dilakukan post test guru memberikan
penugasan terstruktur dalam bentuk mengerjakan LKS dirumah untuk
memperdalam materi atau membaca tentang materi pada pertemuann
selanjutnya.
- Guru menutup pelajaran dengan berdo’a dan
mengucapkan salam.
0 Response to "STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr