PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

MAKE - A MATCH


MENCARI PASANGAN
(Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang akan dipelajari. Kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu soal dan kartu jawaban.
  2. Kemudian guru membagikan kartu-kartu tersebut kepada siswa, sehingga masing-masing siswa mendapat satu buah kartu yang berisi kartu soal atau kartu jawaban.
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  4. Guru menyuruh  siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin untuk mendapatkan reward. Pasangan yang belum menemukan pasangan kartunya diberikan kesempatan untuk mencari pasangan kartunya kembali.
  6. Setelah semua siswa menemukan pasangan kartunya masing-masing siswa melakukan diskusi untuk membahas materi yang terdapat pada pasangan kartu pertanyaan dan jawaban tersebut.
  7. Kemudian siswa dibawah bimbingan guru melakukan diskusi kelas untuk membahas materi yang ada pada masing-masing kelompok  berdasarkan pasangan kartunya.
  8. Dalam diskusi kelas Guru berperan dalam meluruskan materi jika ada materi yang salah dalam diskusi, dan mengkukuhkan materi yang benar dalam diskusi kelas.
  9. Siswa dengan didibawah bimbingan guru mengkuhkan kesimpulan terhadap materi pelajaran yang telah dibahas pada pertemuan terebut..
  10. Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk membaca materi paertemuan selanjutnya.
  11. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.



0 Response to "MAKE - A MATCH "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr