URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strategi untuk mendukung pengajaran sesama
siswa di dalam kelas. Strategi ini menempatkan seluruh tanggungjawab pengajaran
kepada seluruh anggota kelas.
PROSEDUR
1.
Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok. Buatlah sub-sub
kelompok dengan jumlah yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan.
2.
Beri tiap kelompok sejumlah informasi, konsep, atau
ketrampilan untuk diajarkan kepada siswa lain. Berikut adalah beberapa contoh
topiknya:
·
Susunan paragraf yang efektif
·
Mekanisme pertahanan psikologis
·
Memecahkan teka-teki matematika
·
Penyebaran AIDS
Topik yang anda berikan kepada siswa
harus saling berkaitan.
3.
Peritahkan tiap kelompok untuk menyusun
cara dalam menyajikan atau mengajarkan topik mereka kepada slswa lain. Sarankan mereka untuk menghindari cara
, mengajar sistem ceramah atau semacam pembacaan laporan. Doronglah mereka
untuk menjadikan pengalarnan belajar sebagai pengalaman yang aktif bagi siswa.
4.
Kemukakan beberapa saran sebagai
berikut:
·
Sediakan media visual.
·
Buatiah lakon pemeragaan (jika
memungkinkan)
·
Gunakan contoh dan/atau analogi untuk
mengemukakan poin-poin pengajaran.
·
Libatkan siswa melalui diskusi.
permalnan kuis tugas menulis, sandiwara, imajinasi mental, atau studi kasus.
·
Beri siswa kesempatan untuk mengajukan
per-tanyaan.
Sebagai contoh. seorang guru memberikan tugas kepada
siswa dalam pelajaran soslologi untuk menyusun presentasi tentang empat isu
utama penuaan. Empat sub kelompok dibentuk dan pilihlah format berikut untuk
pengajaran sesama siswa:
·
Proses
Penuaan: permainan kuis benar/salah tentang fakta-fakta penuaan.
·
Aspek-aspek
Fisik Penuaan: Sebuah simulasi tentang aspek-aspek umum penuaan
(misalnya, radang sendi, berkurangnya pendengaran, penurunan daya lihat).
·
Stereotip
tentang Penuaan: Tugas menulis dimana anggota kelas menulis tentang
persepsi masyarakat mengenai penuaan.
·
Hilangnya
kemandirian: Sebuah latihan drama yang melibatkan anak-anak yang
membicarakan transisi dengan orang tuanya.
Anda juga dapat memilih beberapa metode dari buku ini
sebagai strategi pengajaran
5.
Berikan waktu yang mencukupi untuk
merencanakan dan mempersiapkannya (bai di dalam maupun di luar kelas). Kemudian
perintahkan tiap kelompok untuk menyajikan pelajaran mereka. beri tepuk tangan
atas usaha keras mereka.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif dari pengajaran
kelompok, perintahkan siswa untuk mengajar atau memberi bimbingan kepada siswa
lain secara individual atau dalam kelompok kecil.
2.
Beri kesempatan tiap kelompok untuk
memberi siswa. tugas membaca sebelum memulai pelajaran mereka.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Pemberian Pelajaran Antar Siswa "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr