URAIAN SINGKAT
Studi kasus diakui secara luas sebagai salah satu metoda belajar terbaik.
Diskusi kasus pada umumnya berfokus pada persoalan yang ada dalam situasi atau
contoh konkret. Tindakan yang mesti diambil dan pelajaran yang bisa dipetik,
serta cara-cara menangani atau menghindari situasi semacam itu di masa
mendatang. Tehnik-tehnik yang berikut ini memungkinkan siswa untuk membuat
studi kasus mereka sendiri.
PROSEDUR
1.
Bagilah kelas menjadi pasangan atau trio.
Perintahkan mereka untuk membuat studi kasus yang bisa dianalisis dan
didiskusikan oleh siswa lain.
2.
Jelaskan bahwa tujuan dan sebuah studi kasus
adalah mempelajari sebuah topik dengan mengkaji situasi atau contoh konkret
yang mencerminkan topik itu. Berikut adalah beberapa contohnya:
·
Sebuah syair Jepang bisa ditulis untuk
menunjukkan cara niembacakannya.
·
Sebuah resume aktual bisa dianalisis untuk mempelajari
cara menulis resume.
·
Sebuah laporan tentang cara seseorang melakukan
eksperimen ilmiah bisa didiskusikan untuk mempelajari tentang prosedur ilmiah.
·
Sebuah dialog antara seorang manajer dan karyawan
bisa ditelaah untuk mempelajari cara memberikan dukungan positif.
·
Sejumlah langkah yang diambil oleh orang tua
dalam situasi konflik dengan seorang anak bisa dikaji untuk mempelajari cara
menangani perilaku.
3.
Sediakan waktu yang mencukupi bagi pasangan atau trio untuk
membuat situasi kasus singkat yang mengandung contoh atau isu untuk
didiskusikan atau sebuah persoalan untuk dipecahkan yang relevah dengan materi
pelajaran di kelas.
Sebagai
misal, dalam pelajaran sejarah Amerika abad ke-20, guru dapat memilih tiga peristiwa sejarah yang berbeda fcetika
Amerika Serikat menginteruensi negara lain. Guru memberi tugas berupa satu. peristiwa sejarah kepada tiap pasangan siswa
agar masing-masing dapat membuat studi kasus untuk meninjau kebanyakan luar negeri Amerika.
Studi kasus ini antara lain:
1.
Invasi Teluk Babi
2.
Intervensi tentara di Vietnam
3.
Penugasan tentara ke Somalia
Tiap pasangan selanjutnya menuliskan studi kasus intisari yang
secara khusus memerinci kejadian-kejadian yang mengarah kepada keputusan untuk
mengirimkan tentara AS ke luar negeri. Pertanyaan-pertanyaan untuk dianalisis
antara lain:
·
Apakah alasan utama intervensi AS?
·
Seberapa tahukah khalayak AS tentang keputusan itu?
·
Siapakah yang mengambil keputusan itu?
·
Apa saja presiden yang mengawali munculnya kebijakan luar negeri
AS?
4. Bila studi kasus ini
selesai, perintahkan kelompok untuk menyajikannya kepada siswa lain. Beri
kesempatan anggota kelompok untuk memimpin diskusi kasus.
VARIASI
1.
Tunjuk beberapa orang siswa untuk telah terlebih
dahulu menyiapkan studi kasus untuk siswa lain. (Penyiapan sebuah studi kasus
merupakan tugas belajar yang baik.)
2.
Buatlah beberapa kelompok dalam Jumlah genap.
Pasangkan kelompok dan perintahkan mereka untuk bertukar studi kasus.
loading...
(function(){
var D=new Date(),d=document,b='body',ce='createElement',ac='appendChild',st='style',ds='display',n='none',gi='getElementById';
var i=d[ce]('iframe');i[st][ds]=n;d[gi]("M283033ScriptRootC165025")[ac](i);try{var iw=i.contentWindow.document;iw.open();iw.writeln("
0 Response to "Studi Kasus Bikinan-Siswa"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr