PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pembelajaran Kooperaatif Tipe Think pair Share (TPS)



Pembelajaran koopertai tipe TPS merupakan model pembelajaran kooperatif yang sederhana.ide utama dalam TPS adalah saling membantu dalam pasangan kelompok dan dapat berbagi dalam kelompok besar(dalam kelas). Menurut Aqib (2013 : 24) Langkah-langkah TPS adalah:
a.       Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai.
b.      Siswa diminta untuk berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
c.       Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelehnya (kelompok dua orang) dan mengutamakan hasil pemikiran masing-masing
d.      Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
e.       Berawal dari kegiatan tersebut, mengarahkan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
f.       Guru memberikan kesimpulan
g.      Penutup
Berdasarkan kutipan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TPS dimulai dengan penjelasan materi oleh guru kemudian diberikan permasalahan yang berhubungan dengan materi yang sedang di bahas selanjutnya peserta didik diberikan waktu untuk memikirkan penyelesaian dari masalah yang diberikan secara mandiri setelah itu hasil pemikirannya didiskusikan dengan teman sebngku dan akhirnya mereka berbagi dengan kelompok besar yaitu semua anggota kelas dengan cara maju kedepan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Guru membrikan kesimpulan dan penutup.
Pembelajaran kooperatif tipe TPS terdiri dari empat komponen utama yaitu : menyampaikan materi, berpikir(think), diskusi (Pair) dan berbagi(share)

1.         Menyampaikan Materi
Guru menyampaikan inti dari materi yang sedang dipelajari dengan menggunakan metode-metode yang telah dipersiapkan.
2.         Berpikir (Think)
Siswa diberikan permasalah dapat berupa soal-soal kemudian diberi waktu untuk untuk berfikir secara mandiri mengenai pemecahan maslah yanga diberikan  
3.         Diskusi (Pair)
siswa diminta untuk mendiskusikan hasil pemikirannya dengan teman sebangkunya. Sesuai batas waktu yang diberikan guru
4.         Berbagi (Share)

Siswa diminta berbagi dengan kelompok besar yaitu dengan meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Dari presentasi yang dilakukan siswa, guru mengambil kesimpulan atau memebrikan penguatan kepada siswa terakhir melakukan penutup.


0 Response to "Pembelajaran Kooperaatif Tipe Think pair Share (TPS)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr