PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Para bola



URAIAN SINGKAT
Ini merupakan cara dramatis dalam mempraktikkan ketrampilan kerja. Cara ini menempatkan siswa dalam situasi sulit yang harus mereka jelaskan cara mengatasinya.

PROSEDUR
1.      Pilihlah situasi yang lazim terjadi pada tugas yang tengah dipelajari oleh siswa. Contoh-contohnya meliputi:
·         Memimpin pertemuan
·         Memberikan tugas kepada kaiyawan
·         Mendapatkan tugas dari manajer
·         Membuat presentasi
·         Memberikan laporan kepada manajer
·         Berbicara kepada pelanggan
2.      Rekrutlah beberapa siswa untuk menjadi relawan yang mau memerankan lakon dalam situasi tertentu. Pastikan untuk menjelaskan situasinya secara rinci.
3.      Bagikan instruksinya kepada siswa lain yang mengrahkan mereka untuk melemparkan bola kepada siswa lawan. Sebutlah beberapa tindakan yang bisa diambil untuk memberi kesulitan kepada relawan dalam mengatasi situasi itu. Jangan memperlihatkan instruksi “lemar-bola" itu kepada siswa relawan. Sebagai contoh, dalam sebuah wawancara, kerja pelamar bisa saja diminta untuk mengungkapkan informasimasi pribadinya (yang mana hal ini tidak dibenarkan) Pelamar perlu memutuskan cara menanggapi permintaan itu.
4.      Beri kesempatan kepada relawan untuk menepat situasi itu. Beri tepuk tangan atas usahanya. Diskusikan cara-cara untuk mengatasi kejadian-kejadian yang  tak terduga dengan seluruh siswa.
5.      Rekrutlah relawan baru dan berikan tantangan berbeda kepada mereka.


VARIASI
1.      Perintahkan siswa untuk memilih "lemparan-bola" mereka sendiri untuk diarahkan kepada relawan.
2.      Sebagai alternatif dari penggunaan relawan, peragakan sendiri oleh anda cara menangkap "lemparan-bola" dari siswa.


0 Response to "Para bola"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr