Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Osmosis pada sel tumbuhan

   
Proses osmosis   pada tumbuhan dapat terjadi pada perbedaan konsentrasi juga dapat terjadi pada sel tumbuhan. Sel- sel tumbuhan memiliki dinding selulosa yang keras dan elastis sehingga dapat membatasi volume sel serta mempertahankan sel agar tidak pecah.Bila sel tumbuhan ditempatkan pada lingkungan hipotonik, misalnya aquades, air akan masuk ke dalam sel. Sel tumbuhan akan terus membengkak sampai selulosa tidak dapat direntangkan lagi. Namun, sel tersebut tidak pecah. Sel tumbuhan pada keaadaan ini disebut turgid.

Sel-sel tumbuhan bila di tempatkan pada lingkungan hipertonik,misalnya pada larutan garam dengan konsentrasi lebih dari 1 % , ini akan menyebabkan keluarnya air dari vakuola sel. Akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut adalah vakuola dan protoplasma akan mengerut. Jika volume vakuola berkurang dalam jumlah yang banyak, maka protoplasma akan terlepas dari dinding sel. Pada waktu terjadi pengkerutan tersebut protoplasma akan mengalami serangkaian perubahan bentuk mulai dari yang tidak beraturan sampai akhirnya berbentuk bulat yang dianggap karena pengaruh tegangan permukaan. Gejala pengkerutan inilah yang disebut  Plasmolisis.


plasmolosis mempunyai tingkatan mulai dari insipien sampai plasmolisis sempurna. Insipien plasmolisi yaitu pada saat mulai terjadinya plasmolisis yang pengerutan protoplasma hanya dapat diamati pada satu atau beberapa titik sekitar sel. Sedangkan plasmolisis sempurna yaitu ketika protoplasma telah terlepas seluruhnya dari dinidng sel. Dengan demikian jelaslah bahwa penyebab terjadinya plasmolisis yaitu adanya larutan luar yang lebih pekat dari cairan vakuola. Plasmolisis dapat menyebabkan tumbuhan menjadi layu [pustaka pandani]. 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Osmosis pada sel tumbuhan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr