Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Osmosis pada sel hewan

   

Sel- sel hewan dipertahankan dalam keadaan isotonik, yaitu keadaan dengan konsentrasi air disekeliling sel sama dengan konsentrasi air dalam sel. Peristiwa osmosis dapat mempengaruhi kehidupan sel hewan. Jika konsentrasi larutan dalam sitoplasma lebih rendah dibandingkan dengan konsentrasi lingkungan sekitarnya maka air akan bergerak keluar meninggalkan sel secara osmosis. Akibatnya, sel mengalami penyusutan (krenasi) sehingga dapat menyebabkan kematian sel. Dengan kata lain, sel dapat mengalami krenasi jika berada dalam larutan hipertonis, yaitu larutan dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan konsentrasi di dalam sel.

Sebaliknya, sel akan membengkak jika berada dalam larutan hipotonis, yaitu larutan dengan konsentrasi yang lebih rendah dibanding konsentrasi di dalam sel. Larutan hipotonis memiliki banyak molekul air bebas dibandingkan yang terdapat di dalam sel. Molekul- molekul air tersebut akan berdifusi ke dalam sel secara osmosis. Jika keadaan demikian terus berlangsung dapat menyebabkan membran plasma pecah (hemolisis). Misalnya sel darah yang ditempatkan dalam lingkungan hipotonis akan menyebabkan sel mengembang terus menerus dan akhirnya mengalami hemolisis, dan sebaliknya jika sel darah diletakkan dalam lingkungan hipertonis akan menyebabkan sel darah mengkerut karena air dalam sel darah keluar.


Bebrapa organisme mempunyai konsentrasi yang seimbang antara air dan zat- zat terlarut di dalam dan diluar sel. Sel tersebut dapat dikatakan isotonis terhadap sekililingnya. Kondisi demikian terjadi pada organisme yang hidup di lautan. Sel- sel pada porifera, dan protozoa isotonis terhadap lingkungan nya karena jumlah materi terlarut di dalam selnya seimbang dengan jumlah garam- garam terlarut dalam air laut [pustaka pandani]. 




   
   
loading...
Loading...
loading...

1 Response to "Osmosis pada sel hewan"

  1. menarik ya, cukup memotivasi.

    berkunjung kesini juga ya


    http://bantalsilikon01.blogspot.com
    http://kursusinternetmarketingmurah.blogspot.com
    http://bumbupecelbali.blogspot.com

    085-635-945-40

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr