PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Menjalin Hubungan



URAIAN SINGKAT
Ini merupakan sebuah kegiatan yang secara simbolik menggambarkan sebuah pelajaran yang sudah hampir diakhiri. Aktivitas ini terutama cocok bila siswa telah memiliki hubungan erat satu sama lain.

PROSEDUR
1.      Gunakan seutas benang untuk menghubungkan siswa, dalam artian harfiah maupun simbolis.
2.      Perintahkan semua siswa untuk berdiri dan membentuk lingkaran. Mulailah prosesnya dengan menyatakan secara singkat apa yang anda alami selama memberikan pelajaran.
3.      Dengan memegang ujung benang, lemparkan bundelannya kcpada seorang siswa di sisi lain dari lingkaran itu. Perintahkan siswa tersebut untuk menyatakan secara singkat apa yang dia alami sebagai hasil dari keikutsertaannya dalam pelajaran ini. Kemudian perintahkan siswa itu untuk memegang benang dan melemparkan bundelannya kepada siswa lain.
4.      Perintahkan tiap siswa untuk mengambil giliran menerima bundelan, berbagi pemikiran, dan melemparkan benang, terus memegang bagian yang menyakitkan dirinya. Formasi yang dihasilkan adalah sebuah jaring benang yang mengkaitkan setiap anggota kelompok.

Beberapa komentar yang dapat diungkapkan meliputi:
·         Saya senang bisa mengenal teman sekelas secara pribadi.
·         Saya merasa bisa bersikap terbuka dan jujur disini
·         Saya mendapatkan kegembiraan di kelas ini.
·         Saya mulai memikirkan cara-cara untuk mempraktikkan apa yang telah saya pelajari.
·         Kita semua adalah kelompok besar!
5.      Lengkapi aktivitas itu dengan menyatakan bahwa pro­gram ini bermula sebagai pengumpulan individu yang mau menjalin hubungan dan belajar satu sama lain.
6.      Putuskan benang menggunakan gunting agar tiap siswa, kendati datang secara individual, memegang bagian dan siswa lain. Ucapkan terirna kasih kepada siswa atas minat, gagasan, waktu dan usaha mereka.

VARIASI
1.      Perintahkan tiap siswa untuk mengungkapkan rasa penghargaannya kepada siswa yang mengulurkan benang kepadanya.
2.      Sebagai altematif dari penggunaan benang, lemparkan atau overkan sebuah bola atau benda serupa itu. Perintahkan tiap siswa untuk menerima bola, kemudian dia boleh mengungkapkan ucapan perpisahan.




0 Response to "Menjalin Hubungan "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr