URAIAN SINGKAT
Ini merupakan format diskusi di mana sebagian
dari siswa membentuk lingkaran diskusi dan sebagian yang lain rnembentuk
lingkaran pendengar di sekeliling kelompok diskusi (Lihat Sepuluh Metoda untuk
Mendapatkan Partisipasi Kapanpun", pada halaman 22.) Berikut ini adalah
salah satu dari cara-cara yang lebih menarik untuk membentuk diskusi terbuka.
PROSEDUR
1.
Susunlah tiga pertanyaan
diskusi yang relevan dengan materi pelajaran anda. Dalam kelas ekologi, sebagai
misal, pertanyaannya boleh jadi sebagai berikut:
·
Bagaimanakah lingkungan mengalami perusakan?
·
Langkah-langkah apakah yang bisa diambil oleh pemerintah dan industri
swasta untuk mengatasi masalah ini?
·
Apakah yang dapat kita lakukan secara pribadi?
Idealnya, pertanyaan-pertanyaan itu mesti
berkaitan, namun itu tidak diharuskan. Putuskan dalam urutan seperti apakah
anda menghendaki didiskusikannya pertanyaan-pertanyaan itu.
2.
Susunlah kursi dalam
konfigurasi perut ikan (yakni dua lingkaran memusat) Perintahkan siswa untuk
berhitung 1,2, dan 3. Perintahkan anggota kelompok 1 untuk menempati kursi
lingkar diskusi dan perintahkan anggota kelompok 2 dan 3 untuk duduk di kursi
lingkar-luamya. Ajukan pertanyaan pertama anda untuk didiskusikan. Berikan
waktu diskusi selarna 10 menit. Perintahkan satu orang siswa untuk
memfasilitasi diskusi atau bertindak sebagai fasilitator.
3.
Selanjutnya, perintahkan
anggota kelompok 2 untuk duduk di lingkar dalam. menggantikan anggota kelompok
1 yang sekarang duduk di lingkar luar. Tanyalah anggota kelompok 2 apakah
mereka hendak memberikan tanggapan singkat tentang diskusi pertama, dan
kemudlan beralihkan ke topik diskusi kedua.
4.
Ikuti prosedur yang sama
dengan anggota kelompok 3.
5.
Bila ketiga pertanyaan itu
telah didiskusikan, kembalikan siswa menjadi satu kelompok besar diskusi. Perintahkan
mereka untuk membahas keseluruhan diskusi yang telah berlangsung.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif, jika
tidak memungkinkan untuk melakukan penataan kursi secara melingkar, buatlah
diskusi panel secara bergiliran. Sepertiga kelas menjadi panelis untuk tiap
pertanyaan diskusi. Para panelis bisa duduk di depan kelas menghadap kepada
siswa lainnya di kelas. Jika anda menggunakan susunan kelas berbentuk U atau
meja konferensi (lihat "Sepuluh Tata-letak untuk Menyusun Kelas,"
halaman 17), tunjuklah kelompok sebelah sebagai kelompok panel.
2.
Gunakan hanya satu
pertanyaan diskusi saja. Perintahkan tiap kelompok berikutnya untuk menanggapi
diskusi kelompok sebelumnya.
0 Response to "Keputusan Terbuka Tiga-Tahap"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr