PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Formasi Regu Tembak


Uraian singkat
Ini merupakan format yang cepat dan dinamis yang bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, misalnya menguji dan memerankan suatu lakon. Format ini menampilkan pasangan secara bergilir. Siswa mendapat peluang untuk merespon dengan cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara bertubi-tubi atau jems tantangan lain;

PROSEDUR
1.      Tetapkan tujuan anda untuk menggunakan "regu tembak." Berikut Ini adalah contohnya bila yang menjadi tujuan anda adalah pengembangan kemampuan:
·         Siswa dapat menguji atau melatih satu sama lain.
·         Siswa dapat melakonkan (mendramatisasi) situasi yang diberikan kepada mereka.
·         Siswa dapat mengajar satu sama lain.
Anda juga dapat menggunakan strategi ini untuk situasi lain. Berikut adalah beberapa contohnya:
·         Siswa dapat mewawancarai temannya untuk mengetahui pendapat dan pandangannya. Siswa dapat mendiskusikan kutipan atau naskah Pendek.
2.      Susunlah kursi dalam formasi dua barisan berhadapan. Sediakan kursi yang cukup untuk seluruh siswa kelas.
3.      Pisahkan kursi-kursi menjadi sejumlah regu berangggotakan tiga hingga lima siswa pada tiap sisi atau deret. Formasi ini bisa tampak seperti gambar berikut:



4.      Bagikan pada tiap siswa x sebuah kartu berisi sebuah tugas atau pekerjaan yang akan dia mintakan untuk dijawab oleh siswa y yang duduk berhadapan dengannya. Gunakan salah satu dari yang berikut ini:
·         Sebuah topik wawancara (misalnya, ajukan kepada siswa yang duduk di hadapanmu pertanyaan ini:
"Bagaimana perasaanmu terhadap karakter ____ dalam buku _____?")
·         Pertanyan tes (misalnya, tanyakan kepada siswa yang duduk di hadapanmu, "Apa rumus untuk ____?")
·         Naskah pendek atau kutipan (misalnya, tanyakan kepada siswa yang duduk di hadapanmu pendapatnya tentang frase "Kamu tidak memiliki sesuatu yang banyak membantu mewujudkan cita-citamu. )
·         Sebuah karakter untuk dilakonkan/diperankan (misalnya, perintahkan siswa yang duduk di hada­panmu untuk memerankan seseorang yang harus  menasehati kawannya untuk tidak minum-minuman keras sambil mengemudi)
·         Tugas mengajar (misalnya, perintahkan siswa y duduk di hadapanmu untuk mengajarkan kepadamu kapan menggunakan titik-dua dan titik-koma)


Berikan kartu yang berbeda untuk tiap anggota x dari sebuah regu.
Sebagai contoh, seorang guru tengah melatih siswa untuk melakukan tatapan mata yang baik dan berbicara dengan lancar. Guru memberikan satu dari kartu-kartu berikut ini kepada anggota x dari tiap regu:
  • Perintahkan, siswa yang duduk di hadapanmu untuk memberikan pendapatnya tentang presiden Indonesia yang sekarang. 
  • Perintahkon siswa yang duduk di hadapanmu untuk menceritakan tentang masa kanak-kanaknya. 
  • Perintahkan siswa yang duduk di hadapanmu untuk menjelaskan ciri-ciri dan keunggulan dari pastagigi yang dia gunakan. 
  • Perintahkan siswa yang duduk di hadapanmu untuk menceritakan tentang hobi dan minatnya.
5.   Mulailah tugas pertama. Dalam waktu yang tidak begitu lama, umumkan bahwa sekaranglah waktunya bagi siswa y untuk berpindah satu kursi di sebelah kirinya di dalam regunya. Jangan merotasi atau memindahkan siswa x. Perintahkan siswa x untuk "menembakkan" tugas atau pertanyaannya kepada siswa y yang duduk di hadapannya. Lanjutkan dengan jumlah babak sesuai dengan jumlah tugas yang anda berikan.

variasi
1.      Baliklah peran agar siswa x bisa menjadi siswa y.

2.      Dalam beberapa situasi, bolehjadi akan lebih menarik dan lebih tepat untuk memberikan tugas yang sama kepada tiap anggota regu. Dalam hal ini, siswa y akan diminta untuk menjawab instruksi yang sama untuk tiap anggota regunya. Sebagai contoh, seorang siswa dapat diminta untuk melakonkan situasi yang sama beberapa kali. 

0 Response to "Formasi Regu Tembak"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr