Uraian singkat
Ini
merupakan format yang cepat dan dinamis yang bisa digunakan untuk berbagai
macam tujuan, misalnya menguji dan memerankan suatu lakon. Format ini
menampilkan pasangan secara bergilir. Siswa mendapat peluang untuk merespon
dengan cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara bertubi-tubi
atau jems tantangan lain;
PROSEDUR
1.
Tetapkan tujuan anda untuk menggunakan "regu
tembak." Berikut Ini adalah contohnya bila yang menjadi tujuan anda adalah
pengembangan kemampuan:
·
Siswa dapat menguji atau melatih satu sama lain.
·
Siswa dapat melakonkan (mendramatisasi) situasi yang
diberikan kepada mereka.
·
Siswa dapat mengajar satu sama lain.
Anda
juga dapat menggunakan strategi ini untuk situasi lain. Berikut adalah beberapa
contohnya:
·
Siswa dapat mewawancarai temannya untuk mengetahui pendapat
dan pandangannya. Siswa dapat mendiskusikan kutipan atau naskah Pendek.
2.
Susunlah kursi dalam formasi dua barisan berhadapan. Sediakan
kursi yang cukup untuk seluruh siswa kelas.
3.
Pisahkan kursi-kursi menjadi sejumlah regu berangggotakan
tiga hingga lima
siswa pada tiap sisi atau deret. Formasi ini bisa tampak seperti gambar
berikut:
4.
Bagikan pada tiap siswa x sebuah kartu berisi sebuah tugas
atau pekerjaan yang akan dia mintakan untuk dijawab oleh siswa y yang duduk berhadapan dengannya. Gunakan
salah satu dari yang berikut ini:
·
Sebuah topik wawancara (misalnya, ajukan kepada siswa yang
duduk di hadapanmu pertanyaan ini:
"Bagaimana
perasaanmu terhadap karakter ____ dalam buku _____?")
·
Pertanyan tes (misalnya, tanyakan kepada siswa yang duduk di
hadapanmu, "Apa rumus untuk ____?")
·
Naskah pendek atau kutipan (misalnya, tanyakan kepada siswa
yang duduk di hadapanmu pendapatnya tentang frase "Kamu tidak memiliki
sesuatu yang banyak membantu mewujudkan cita-citamu. )
·
Sebuah karakter untuk dilakonkan/diperankan (misalnya,
perintahkan siswa yang duduk di hadapanmu untuk memerankan seseorang yang
harus menasehati kawannya untuk tidak
minum-minuman keras sambil mengemudi)
·
Tugas mengajar (misalnya, perintahkan siswa y duduk di hadapanmu untuk mengajarkan
kepadamu kapan menggunakan titik-dua dan titik-koma)
Berikan kartu yang berbeda
untuk tiap anggota x dari sebuah regu.
Sebagai
contoh, seorang guru tengah melatih siswa untuk melakukan tatapan mata yang
baik dan berbicara dengan lancar. Guru memberikan satu dari kartu-kartu berikut
ini kepada anggota x dari tiap regu:
- Perintahkan, siswa yang duduk di hadapanmu untuk memberikan pendapatnya tentang presiden Indonesia yang sekarang.
- Perintahkon siswa yang duduk di hadapanmu untuk menceritakan tentang masa kanak-kanaknya.
- Perintahkan siswa yang duduk di hadapanmu untuk menjelaskan ciri-ciri dan keunggulan dari pastagigi yang dia gunakan.
- Perintahkan siswa yang duduk di hadapanmu untuk menceritakan tentang hobi dan minatnya.
5.
Mulailah tugas pertama. Dalam waktu yang
tidak begitu lama, umumkan bahwa sekaranglah waktunya bagi siswa y untuk berpindah satu kursi di sebelah
kirinya di dalam regunya. Jangan merotasi atau memindahkan siswa x. Perintahkan
siswa x untuk "menembakkan"
tugas atau pertanyaannya kepada siswa y
yang duduk di hadapannya. Lanjutkan dengan jumlah babak sesuai dengan jumlah
tugas yang anda berikan.
variasi
1.
Baliklah peran agar siswa x
bisa menjadi siswa y.
2.
Dalam beberapa situasi, bolehjadi akan lebih menarik dan
lebih tepat untuk memberikan tugas yang sama kepada tiap anggota regu. Dalam
hal ini, siswa y akan diminta untuk
menjawab instruksi yang sama untuk tiap anggota regunya. Sebagai contoh,
seorang siswa dapat diminta untuk melakonkan situasi yang sama beberapa kali.
0 Response to "Formasi Regu Tembak"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr