Dewi
Murni, Helma, Nonong Amalita
ABSTRAK
Materi geometri
sering ditakuti oleh siswa karena materinya sulit dipahami
oleh siswa. Berdasarkan informasi dari guru-guru
matematika SMP, banyak masalah yang sering ditemukan
dalam pelajaran matematika khususnya bidang geometri.
Siswa tidak terbiasa dengan menjawab soal dengan terstruktur,
sehingga kadang-kadang siswa lansung menjawab persoalan tersebut. Padahal dalam
menyelesaikan suatu soal perlu adanya analisa terlebih dahulu, sehingga
penyelesaian soal dapat dikerjakan
dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul geometri SMP berbasis pemecahan masalah
terstruktur terhadap hasil belajar matematika dan logika
berpikir siswa, serta mengetahui tingkat keaktifan, persepsi,
dan ketuntasan belajar matematika siswa selama
penggunaan modul tersebut. Disain penelitian yang akan digunakan
adalah penelitian pengembangan (developmental research).
Hasil
penelitian yang diperoleh : secara umum pada ketiga sekolah
aktivitas
siswa meningkat baik pada saat guru menyajikan
materi maupun pada saat diskusi kelompok dan diskusi kelas. Rata-rata hasil belajar siswa :
pada SMPN 7 adalah 79,86; pada SMPN 13
adalah 68,97 dan pada SMPN 9 Padang adalah 64,56. Pada SMPN 13 terbukti bahwa rata-rata
hasil tes belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan modul lebih baik daripada hasil tes belajar
siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Tanggapan siswa terhadap
penggunaan modul pada ketiga sekolah adalah setuju bahwa modul dapat membantu
siswa menyelesaikan soal-soal secara terstruktur.
Keywords: module,, geometry module, structured
problem solving
Link:
0 Response to "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERSTRUKTUR PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA PADANG"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr