URAIAN SINGKAT
Dalam tehnik ini, guru mengajukan satu atau
beberapa pertanyaan untuk melacak pengetahuan siswa atau mendapatkan hipotesis
atau simpulan mereka dan kemudian memilah-milahnya menjadi sejumlah kategori.
Metoda pengajaran terarah merupakan seilngan yang mengasyikkan dl sela-sela
cara pengajaran biasa. Cara ini memungkinkan anda untuk mengetahui apa yang
telah diketahui dan dipahami oleh siswa sebelum memaparkan apa yang anda
ajarkan. Metoda ini sangat berguna dalam mengajarkan konsep-konsep abstrak.
PROSEDUR
1.
Ajukan pertanyaan atau serangkaian pertanyaan
yang menjajaki pemikiran siswa dan pengetahuan yang mereka miliki. Gunakan
pertanyaan yang memiliki beberapa kemungkinan jawaban, semisal "Bagalmana
kamu menjelaskan seberapa cerdasnya seseorang?”
2.
Berikan waktu yang cukup kepada bagi siswa dalam
pasangan atau kelompok untuk membahas jawaban mereka.
3.
Perintahkan siswa untuk
kembali ke tempat masing-masing dan catatlah pendapat mereka. Jika
memungkinkan, seleksilah jawaban mereka menjadi beberapa kategori terpisah yang
terkait dengan kategori atau konsep yang berbeda semisal "kemampuan
membuat mesin pada kategori kecerdasan. kinestetika-tubuh.
4.
Sajikan poin-poin
pembelajaran utama yang ingin anda ajarkan. Perintahkan siswa untuk menjelaskan
kesesuaian jawaban mereka dengan poin-poin ini. Catatlah
gagasan yang memberi mformasi tambahan bagi poin pembelajaran dari pelajaran
anda.
VARIASI
1.
Jangan memilah-milah jawaban
siswa menjadi daftar yang terpisah. Sebagai gantinya, buatlah satu daftar
panjang dan perintahkan mereka untuk mengkategorikan gagasan mereka terlebih
dahulu sebelum anda membandingkannya dengan konsep yang ada di pikiran anda.
2.
Mulailah pelajaran dengan
tanpa kategori yang sudah ada di benak anda. Cermati bagaimana siswa dan anda
secara bersama bisa memilah-milah gagasan-gagasan mereka menjadi kategori yang
berguna.
0 Response to "Pengajaran Terarah"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr