URAIAN
SINGKAT
Metoda ini merupakan perubahan langkah yang
sesungguhnya. Metoda ini memungkinkan para siswa yang memiliki pengalaman
berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan.
PROSEDUR
1.
Bagilah kelas menjadi dua
kelompok.
2.
Kirimkan satu kelompok ke
ruang lain untuk membaca topik yang anda ajarkan. Pastikan
bahwa materi bacaannya tertata dengan balk dan mudah dibaca.
3.
Dalam pada itu, berikanlah
pelajaran berbasis ceramah atau lisan tentang materi yang sama dengan yang
sedang dibaca oleh kelompok yang ada di ruang sebelah.
4.
Selanjutnya, baliklah
pengalaman belajarnya. Sediakan materi bacaan tentang topik anda untuk kelompok
yang telah mendengarkan penyajian mata pelajaran dan sediakan materi pelajaran
untuk kelompok pembaca.
5.
Pasangkan anggota dan tiap
kelompok dan perintahkan mereka mengikhtisarkan apa yang telah mereka pelajari.
VARIASI
1.
Perintahkan setengah dari siswa untuk
mendengarkan penyajian materi pelajaran dengan mata tertutup sedangkan setengah
siswa yang lain melhat informasi visual semisal melalui OHP yang menyertai
penyajian materi pelajaran dengan telinga tertutup. Setelah penyajian materi
pelajaran secara lisan tersebut usai, perintahkan tiap kelompok untuk
membandingkan catatan tentang apa yang mereka lihat dan dengar.
2.
Berikan contoh konkret tentang konsep atau teori
yang hendak anda ajarkan kepada setengah dari jumlah siswa. Jangan katakan
kepada mereka tentang konsep atau teori yang mereka gambarkan. Sajikan kepada setengah kelas konsep atau teori itu tanpa disertai contoh.
Pasangkan siswa dari kedua kelompok dan perintahkan mereka untuk membahas
pelajaran secara bersama.
0 Response to "Pengajaran Sinergis"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr