PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pembuatan Bioetanol Secara Fermentasi Menggunakan Biakan Sacharomyces cerevisiae Dari Pati Bengkuang Segar

Iryani, Iswendi, Irda Septiani
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Padang
Email Korespondensi: in.iryani@yahoo.co.id


ABSTRAK

              Bietanol adalah senyawa etanol yang dihasilkan dari hasil fermentasi glukosa dengan menggunakan   ragi Saccharomyces cerevicea. tanol  banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya  sebagai pelarut dalam bidang farmasi dan industri makanan serta  minuman. Pada saat ini bioetanol juga digunakan sebagai bahan bakar alternati yang lebih dikenal dengan bahan bakar nabati (BBN). Bioetanol dapat dihasilkan dari tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti pati, selulosa, disakarida dan glukosa. Salah satu bahan baku yang dapat digunakan yaitu bengkuang, bagian dari umbi bengkuang yang digunakan adalah patinya. Pati bengkuang terlebih dahulu dihidrolisis menjadi glukosa. Dengan metoda fermentasi,glukosa ini dirubah menjadi etanol. Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan bietanol dari pati umbi bengkuang segar secara fermentasi dengan menggunakan biakan Saccharomyces cerviciae. Tujuan penelitian  menentukan lama fermentasi dan jumlah inokulum Saccharomyces cerviciae untuk menghasilkan bioetanol dengan kadar yang tertinggi. Penelitian ini dirancang menggunakan metoda Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah jumlah inokulum Saccharomyces cereviciae yang terdiri dari 4 variasi yaitu 5, 10, 15 dan 20 mL. Faktor kedua adalah lama fermentasi yang terdiri dari 24, 36, 48, 60 dan 72 jam. Kadar bioetanol tertinggi diperoleh pada jumlah inokulum Saccharomyces cereviciae sebanyak 10 mL dan lama fermentasi 48 jam yaitu sebesar 2,6013%.





Link:

 

0 Response to "Pembuatan Bioetanol Secara Fermentasi Menggunakan Biakan Sacharomyces cerevisiae Dari Pati Bengkuang Segar"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr