URAIAN SINGKAT
Kegiatan ini bisa digunakan untuk
menstimulasi keterlibatan siswa dalam pelajaran yang akan anda sampaikan. Kegiatan ini juga mengingatkan siswa
untuk mendengarkan secara cermat dan membuka diri terhadap bermacam pendapat.
PROSEDUR
1.
Berikan label nama kepada
tiap siswa. Perintahkan siswa untuk menuliskan nama mereka pada label dan
mengenakannya.
2.
Perintahkan siswa untuk
berpasangan dan memperkenalkan diri kepada siswa lain. Kemudian perintahkan
pasangan-pasangan tersebut untuk berbagi pendapat tentang jawaban atas pertanyaan
atau pernyataan provokatif yang memancing opini mereka tentang persoalan
seputar materi yang anda ajarkan.
·
Contoh pertanyaannya adalah:
"Apa batasan bagi imigrasi asing?"
·
Contoh pernyataannya adalah:
"Injil merupakan kitab suci."
3.
Ucapkan, "kerjakan sekarang",
dan arahkan siswa untuk bertukar label nama atau tanda pengenal mereka dengan
pasangannya dan kemudian menemui siswa lain. Perintahkan siswa, bukannya untuk memperkenalkan diri.
melainkan berbagi pendapat dari siswa yang merupakan pasangan sebelumnya (yakni
siswa yang label/tanda pengenalnya ia kenakan sekarang.)
4.
Selanjutnya, perintahkan
siswa untuk berganti label nama lagi dan mencari siswa lain untuk diajak
bicara," dan berbagi pendapat dari siswa yang tanda pengenalnya la
kenakan sekarang.
5.
Lanjutkan proses itu hingga
sebagian besar siswa telah saling bertemu. Kemudian katakan kepada tiap siswa
untuk mendapatkan kembali label namanya sendiri.
VARIASI
1.
Gunakan proses pertukaran label nama ini sebagai
pengantar pergaulan dengan menginstruksikan siswa untuk bertukar informasi
latarbelakang mereka sendiri, sebagai ganti pertukaran pendapat tentang
pertanyaan atau pernyataan provokatif.
2.
Hilangkan pertukaran label nama. Sebagai
gantinya, perintahkan siswa untuk terus menemukan siswa lain, dan mendengarkan
selalu pertanyaan atau pernyataan yang anda berikan.
0 Response to "Model Pembelajaran Bertukar Pendapat"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr