PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Model pembelajaran Berbagi Pengetahuan Secara Aktif


URAIAN SINGKAT

Ini merupakan cara bagus untuk mengenalkan siswa kepada materi pelajaran yang anda ajarkan. Anda juga dapat menggunakannya untuk menilaiungkat pengetahuan siswa sembari melakukan kegiatan pembentukan tim. Cara ini cocok pada segala ukuran kelas dan dengan niateri pelajaran apapun.


PROSEDUR


1. Sediakan daftar pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaran yang akan anda ajarkan. Anda dapat menyertakan beberapa atau semua dari kategori-kategori berikut ini:
  • Kata-kata untuk didefinisikan (misalnya. "Apa arti arnblvalen”?)
  •  Pertanyaan pilihan ganda mengenal fakta atau konsep (misalnya. “Tes psikologi baru absah jlka ia (a) secara konsisten mengukur atribut dan (b) mengukur apa yang memang hendak ia ukur.")
  • Orang yang hendak diidentifikasi (misalnya, "Siapakah George Washington Carver?")
  •  Pertanyaan-pertanyaan tentang tindakan yang bisa • diambil oleh seseorang dalam situasi tertentu (misalnya, "Bagaimana anda mendaftarkan diri untuk mendapatkan hak pilih?").
  • · Kailmat tidak lengkap (misalnya, "_____ mengidentifikasi kategori dasar dari tugas yang dapat kailan kerjakan menggunakan:program computer”

Sebagai contoh, seorang guru sejarah dapat mernulai pengajarannya tentang abad ke-20 dengari membagikan kuis berikut ini:

a. Apa yang terjadi dalam tahun-tahun berikut ini: 1928, 1945, 1965, 1998.?
b. Kenali nama-nama berikut ini:
  • Mussolini
  • Chamberlain
  • Trotsky 
  • Mao 
  • McCarthy (Joseph dan Eugene)

c. Menurut pendapat kalian, peristiwa terpenting apakah yang terjadi dalam abad ke-20?


2. Perintahkan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebaik yang mereka bisa.

3. Kemudian perintahkan mereka untuk menyebar di dalam ruangan, mencari siswa yang dapat menjawab         pertanyaan yang mereka sendiri tidak tahu cara menjawabnya. Doronglah siswa untuk saling membantu.

4. Perintahkan mereka untuk kembali ke tempat semula dan bahaslah jawaban yang mereka dapatkan. Isilah      jawaban yang tak satupun siswa bisa menjawabnya. Gunakan informasi ini sebagai cara untuk              
     memperkenalkan topik-topik penting dalam mata pelajaran anda.


VARlASI

1. Berikan satu lembar kartu indeks kepada tiap siswa. Perintahkan mereka untuk menuliskan satu informasi yang menurut mereka akurat tentang materi yang diajarkan. Suruhlah mereka untuk berpencar di dalam kelas, berbagi pendapat tentang apa yang mereka tuliskan pada kartu tersebut. Doronglah mereka untuk menuilskan informasi baru yang dikumpulkan oleh siswa lain. Bila mereka, sudah kembali ke kelompok masing-masing, bahaslah informasi yang berhasil dikumpulkan.

2. Gunakan pertanyaan opini, bukannya pertanyaan faktual. atau gabungkan pertanyaan faktual dengan pertanyaan opini.



0 Response to "Model pembelajaran Berbagi Pengetahuan Secara Aktif"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr