
| 
Standar 
Kompetensi | 
Kompetensi
   Dasar | 
Indikator 
   Esensial | 
| 
1 Menguasai materi ajar yang ada dalam kurikulum Geografi di sekolah | 
1.1.Menjelaskan tata surya dan bumi | 
1.1.1 Menganalisis
   hubungan kehidupan di bumi
   dengan
   fenomena tata surya 
1.1.2 Menganalisis pengaruh tata surya pada
   proses pembentukan bumi  | 
| 
1.2.Menerapkan peta, citra dan SIG untuk mengkaji
   fenomena geografi | 
1.2.1 Mengaplikasikan peta dalam kajian fenomena Geografi 
1.2.2 Memanfaatkan Globe sebagai
   visualisasi fenomena
   geografi 
1.2.3 Menggunakan  Citra dan
   SIG sebagai media kajian fenomena geografi | |
| 
1.3.Menganalisis fenomena geosfer | 
1.3.1 Mengidentifikasi
   gejala dan proses yang terjadi pada atmosfer 
1.3.2 Menganalisis hubungan kondisi
   iklim dengan
   kehidupan 
1.3.3 Menganalisis
   keterkaitan antar-sfera dalam geosfer
   dan pengaruhnya terhadap kehidupan
   manusia | |
| 
1.4.Menganalisis bentuk muka bumi | 
1.4.1 Mengidentifikasi faktor penyebab keragaman
   bentuk muka
   bumi 
1.4.2 Menganalisis hubungan proses endogen dengan kehidupan 
1.4.3 Menganalisis hubungan proses eksogen dengan kehidupan  | |
| 
1.5.Menjelaskan manfaat sumberdaya alam | 
1.5.1 Mengidentifikasi persebaran
   sumber daya alam 
1.5.2 Menganalisis hubungan ketersediaan
   sumberdaya alam dengan kehidupan 
1.5.3 Menganalisis hubungan sumberdaya tanah dengan kehidupan 
1.5.4 Mengevaluasi
   kegunaan
   sumber energi ramah lingkungan bagi
   kehidupan | |
| 
1.6.Menganalisis fenomena perairan | 
1.6.1
   Menganalisis hubungan perairan darat dengan
   kehidupan 
1.6.2
   Menganalisis
   manfaat dan potensi perairan laut Indonesia 
1.6.3
   Menganalisis
   pemanfaatan ekosistem
   pantai | |
| 
1.7.Menganalisis dinamika kependudukan | 
1.7.1
   Menganalisis unsur penentu laju pertumbuhan penduduk 
1.7.2
   Menganalisis
   dampak dinamika kependudukan  
1.7.3
   Menganalisis
   persebaran dan pertumbuhan penduduk 
1.7.4
   Mengkaji aspek kehidupan
   penduduk di perdesaan dan perkotaan  
1.7.5
   Mengevaluasi ketimpangan penduduk di Indonesia | |
| 
1.8.Menganalisis wilayah dan perwilayahan | 
1.8.1
   Menganalisis
   perkembangan wilayah kota satelit dan hinterlandnya  
1.8.2
   Menganalisis
   struktur tata ruang dan pola
   hubungan wilayah desa dan kota 
1.8.3
   Menganalisis struktur spasial dan potensi wilayah negara
   tetangga 
1.8.4
   Membedakan dinamika
   negara maju dan negara
   berkembang | |
| 
1.9.Mengkaji lingkungan dan pembangunan
   berkelanjutan | 
1.9.1
   Mengkaji dampak
   pembangunan terhadap degradasi lingkungan
   hidup 
1.9.2
   Menerapkan konsep
   pembangunan berkelanjutan
   untuk menjaga lingkungan | |
| 
2. Memahami prinsip, objek, ruang lingkup,  pendekatan Geografi,  | 
2.1.Menganalisis prinsip geografi | 
2.1.1 Menganalisis prinsip geografi untuk mengkaji kasus biosfer  
2.1.2 Menerapkan prinsip Geografi pada kehidupan/antroposfer di muka bumi. | 
| 
2.2.Mendeskripsikan obyek, ruang lingkup,
   dan pendekatan geografi | 
2.2.1 Mengidentifikasi objek kajian Geografi 
2.2.2 Mengidentifikasi ruang lingkup Geografi 
2.2.3 Menganalisis perbedaan pendekatan Geografi | |
| 
3 Memahami
   hubungan ilmu Geografi
   dengan ilmu lain yang
   terkait | 
3.1.Menganalisis ilmu geografi dengan ilmu
   lain | 
3.1.1 Menganalisis keterkaitan ilmu
   Geografi dengan rumpun ilmu-ilmu Sosial 
3.1.2 Menganalisis keterkaitan ilmu
   Geografi dengan ilmu alam lain 
3.1.3 Menganalisis keterkaitan
   ilmu Geografi
   dengan ilmu-ilmu
   kebumian | 
| 
4 Menerapkan konsep-konsep Geografi
   (lokasi, jarak, interaksi, pola, keterjangkauan, nilai kegunaan) 
   dan region
   dalam kehidupan sehari-hari
   (life skills) | 
4.1.Menerapkan konsep geografi untuk
   mengkaji region | 
4.1.1 Menerapkan konsep geografi untuk
   mengkaji perkembangan wilayah lokal dan nasional 
4.1.2
   Menerapkan
   konsep geografi untuk
   mengkaji perkembangan
   wilayah Asia Tenggara 
4.1.3 Menerapkan
   konsep geografi untuk
   mengkaji perkembangan
   negara maju dan
   negara berkembang | 
| 
4.2.Menerapkan konsep geografi untuk
   mengkaji  lingkungan  | 
4.2.1 Menganalisis konsep geografi
   dalam mengkaji lingkungan
   hutan 
4.2.2 Menerapkan
   konsep geografi
   dalam mengkaji
   masalah lingkungan
   tanah (lahan) 
4.2.3 Menerapkan konsep geografi dalam mengkaji masalah lingkungan
   perairan 
4.2.4 Menerapkan
   konsep geografi dalam mengkaji
   masalah lingkungan
   udara 
4.2.5
   Menerapkan konsep geografi
   dalam mengkaji masalah lingkungan
   sosial | |
| 
4.3.Menerapkan konsep geografi untuk mengkaji
   bencana | 
4.3.1 Menganalisis konsep geografi
   dalam menemukan penyebab bencana banjir 
4.3.2 Menganalisis
   konsep geografi untuk menyelesaikan masalah rawan longsor 
4.3.2 Menerapkan konsep
   geografi untuk merumuskan mitigasi bencana | |
| 
4.4.Menganalisis konsep interaksi dan perkembangan
   wilayah  | 
4.4.1 Menganalisis kekuatan interaksi dampak interaksi desa dan kota  
4.4.2 Mensintesiskan
   konsep geografi untuk mengkaji pusat pertumbuhan wilayah | |
| 
5. Mempraktikkan keterampilan membuat peta  | 
5.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar
   peta dan  pemetaan | 
5.1.1 Menerapkan komponen peta untuk proses pemetaan  
5.1.2 Menerapkan prinsip pemetaan untuk analisis fenomena geografi 
5.1.3 Menganalisis
   perkembangan teknologi pemetaan  | 
| 
5.2. Menganalisis lokasi perkembangan permukiman dengan memanfaatan peta | 
5.2.1 Menganalisis lokasi rawan bencana dengan memanfaatkan
   peta 
5.2.2 Menganalisis dan
   menginterpretasi perkembangan wilayah melalui informasi spasial peta 
5.2.3 Membaca peta
   untuk menganalisis kecenderungan perubahan permukiman | |
| 
6.
   Menerapkan  pemanfaatan citra
   penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) | 
6.1.Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh | 
6.1.1 Membandingkan
   pemanfaatan jenis citra penginderaan jauh  
6.1.2 Menafsirkan informasi citra dan mengkategorisasikan obyek   | 
| 
5.2.Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) | 
6.2.1 Menerapkan/memanfaatkan teknologi SIG
   untuk menentukan kawasan rawan bencana 
6.2.2 Menggunakan SIG
   dengan overlay peta dan basis data untuk menemukan potensi wilayah. | 
Link:
 
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr