Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
1 Menguasai materi ajar yang ada dalam kurikulum Geografi di sekolah
|
1.1.Menjelaskan tata surya dan bumi
|
1.1.1 Menganalisis
hubungan kehidupan di bumi
dengan
fenomena tata surya
1.1.2 Menganalisis pengaruh tata surya pada
proses pembentukan bumi
|
1.2.Menerapkan peta, citra dan SIG untuk mengkaji
fenomena geografi
|
1.2.1 Mengaplikasikan peta dalam kajian fenomena Geografi
1.2.2 Memanfaatkan Globe sebagai
visualisasi fenomena
geografi
1.2.3 Menggunakan Citra dan
SIG sebagai media kajian fenomena geografi
|
|
1.3.Menganalisis fenomena geosfer
|
1.3.1 Mengidentifikasi
gejala dan proses yang terjadi pada atmosfer
1.3.2 Menganalisis hubungan kondisi
iklim dengan
kehidupan
1.3.3 Menganalisis
keterkaitan antar-sfera dalam geosfer
dan pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia
|
|
1.4.Menganalisis bentuk muka bumi
|
1.4.1 Mengidentifikasi faktor penyebab keragaman
bentuk muka
bumi
1.4.2 Menganalisis hubungan proses endogen dengan kehidupan
1.4.3 Menganalisis hubungan proses eksogen dengan kehidupan
|
|
1.5.Menjelaskan manfaat sumberdaya alam
|
1.5.1 Mengidentifikasi persebaran
sumber daya alam
1.5.2 Menganalisis hubungan ketersediaan
sumberdaya alam dengan kehidupan
1.5.3 Menganalisis hubungan sumberdaya tanah dengan kehidupan
1.5.4 Mengevaluasi
kegunaan
sumber energi ramah lingkungan bagi
kehidupan
|
|
1.6.Menganalisis fenomena perairan
|
1.6.1
Menganalisis hubungan perairan darat dengan
kehidupan
1.6.2
Menganalisis
manfaat dan potensi perairan laut Indonesia
1.6.3
Menganalisis
pemanfaatan ekosistem
pantai
|
|
1.7.Menganalisis dinamika kependudukan
|
1.7.1
Menganalisis unsur penentu laju pertumbuhan penduduk
1.7.2
Menganalisis
dampak dinamika kependudukan
1.7.3
Menganalisis
persebaran dan pertumbuhan penduduk
1.7.4
Mengkaji aspek kehidupan
penduduk di perdesaan dan perkotaan
1.7.5
Mengevaluasi ketimpangan penduduk di Indonesia
|
|
1.8.Menganalisis wilayah dan perwilayahan
|
1.8.1
Menganalisis
perkembangan wilayah kota satelit dan hinterlandnya
1.8.2
Menganalisis
struktur tata ruang dan pola
hubungan wilayah desa dan kota
1.8.3
Menganalisis struktur spasial dan potensi wilayah negara
tetangga
1.8.4
Membedakan dinamika
negara maju dan negara
berkembang
|
|
1.9.Mengkaji lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan
|
1.9.1
Mengkaji dampak
pembangunan terhadap degradasi lingkungan
hidup
1.9.2
Menerapkan konsep
pembangunan berkelanjutan
untuk menjaga lingkungan
|
|
2. Memahami prinsip, objek, ruang lingkup, pendekatan Geografi,
|
2.1.Menganalisis prinsip geografi
|
2.1.1 Menganalisis prinsip geografi untuk mengkaji kasus biosfer
2.1.2 Menerapkan prinsip Geografi pada kehidupan/antroposfer di muka bumi.
|
2.2.Mendeskripsikan obyek, ruang lingkup,
dan pendekatan geografi
|
2.2.1 Mengidentifikasi objek kajian Geografi
2.2.2 Mengidentifikasi ruang lingkup Geografi
2.2.3 Menganalisis perbedaan pendekatan Geografi
|
|
3 Memahami
hubungan ilmu Geografi
dengan ilmu lain yang
terkait
|
3.1.Menganalisis ilmu geografi dengan ilmu
lain
|
3.1.1 Menganalisis keterkaitan ilmu
Geografi dengan rumpun ilmu-ilmu Sosial
3.1.2 Menganalisis keterkaitan ilmu
Geografi dengan ilmu alam lain
3.1.3 Menganalisis keterkaitan
ilmu Geografi
dengan ilmu-ilmu
kebumian
|
4 Menerapkan konsep-konsep Geografi
(lokasi, jarak, interaksi, pola, keterjangkauan, nilai kegunaan)
dan region
dalam kehidupan sehari-hari
(life skills)
|
4.1.Menerapkan konsep geografi untuk
mengkaji region
|
4.1.1 Menerapkan konsep geografi untuk
mengkaji perkembangan wilayah lokal dan nasional
4.1.2
Menerapkan
konsep geografi untuk
mengkaji perkembangan
wilayah Asia Tenggara
4.1.3 Menerapkan
konsep geografi untuk
mengkaji perkembangan
negara maju dan
negara berkembang
|
4.2.Menerapkan konsep geografi untuk
mengkaji lingkungan
|
4.2.1 Menganalisis konsep geografi
dalam mengkaji lingkungan
hutan
4.2.2 Menerapkan
konsep geografi
dalam mengkaji
masalah lingkungan
tanah (lahan)
4.2.3 Menerapkan konsep geografi dalam mengkaji masalah lingkungan
perairan
4.2.4 Menerapkan
konsep geografi dalam mengkaji
masalah lingkungan
udara
4.2.5
Menerapkan konsep geografi
dalam mengkaji masalah lingkungan
sosial
|
|
4.3.Menerapkan konsep geografi untuk mengkaji
bencana
|
4.3.1 Menganalisis konsep geografi
dalam menemukan penyebab bencana banjir
4.3.2 Menganalisis
konsep geografi untuk menyelesaikan masalah rawan longsor
4.3.2 Menerapkan konsep
geografi untuk merumuskan mitigasi bencana
|
|
4.4.Menganalisis konsep interaksi dan perkembangan
wilayah
|
4.4.1 Menganalisis kekuatan interaksi dampak interaksi desa dan kota
4.4.2 Mensintesiskan
konsep geografi untuk mengkaji pusat pertumbuhan wilayah
|
|
5. Mempraktikkan keterampilan membuat peta
|
5.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar
peta dan pemetaan
|
5.1.1 Menerapkan komponen peta untuk proses pemetaan
5.1.2 Menerapkan prinsip pemetaan untuk analisis fenomena geografi
5.1.3 Menganalisis
perkembangan teknologi pemetaan
|
5.2. Menganalisis lokasi perkembangan permukiman dengan memanfaatan peta
|
5.2.1 Menganalisis lokasi rawan bencana dengan memanfaatkan
peta
5.2.2 Menganalisis dan
menginterpretasi perkembangan wilayah melalui informasi spasial peta
5.2.3 Membaca peta
untuk menganalisis kecenderungan perubahan permukiman
|
|
6.
Menerapkan pemanfaatan citra
penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
6.1.Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
|
6.1.1 Membandingkan
pemanfaatan jenis citra penginderaan jauh
6.1.2 Menafsirkan informasi citra dan mengkategorisasikan obyek
|
5.2.Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
6.2.1 Menerapkan/memanfaatkan teknologi SIG
untuk menentukan kawasan rawan bencana
6.2.2 Menggunakan SIG
dengan overlay peta dan basis data untuk menemukan potensi wilayah.
|
Link:
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr