STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
ESENSIAL
|
|
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran
penjasorkes
|
1.1. Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan
jasmani termasuk etika sebagai aturan
dan profesi
|
1.1.1 Menjelaskan pengertian
pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan
pendidikan kesehatan
|
|
1.1.2 Menganalisis perbedaan
dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga
dan pendidikan
kesehatan
|
|||
1.1.3 Mengimplementasikan fungsi
dan manfaat
pendidikan jasmani, pendidikan olahraga
dan pendidikan
kesehatan dalam pembelajaran di sekolah
|
|||
1.2. Menganalisis
perkembangan gerak
dan belajar gerak peserta didik
|
1.2.1. Menjelaskan konsep dan tahap perkembangan
dan
belajar gerak
|
||
1.2.2. Menerapkan prinsip perkembangan dan belajar motorik
dalam melakukan pembelajaran penjasorkes
|
|||
|
1.3.1 Menjelaskan konsep dasar
pola gerak dasar
|
||
1.3.2 Mengkreasikan
berbagai
permainan sederhana untuk pengembangan pola
gerak dasar
|
|||
1.3.3 Mengevaluasi materi pembelajaran
untuk mengembangkan
pola gerak dasar
|
|||
1.4. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan
dan olahraga
|
1.4.1 Menjelaskan konsep aktivitas
permainan dan olahraga
|
||
1.4.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup
permainan dan olahraga
|
|||
1.4.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar
dan peraturan permainan dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga
|
|||
1.4.4 Mengevaluasi materi pembelajaran
lingkup aktivitas permainan dan olahraga
|
|||
1.5. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan
kebugaran
|
1.5.1 Menjelaskan konsep aktivitas
pengembangan kebugaran
|
||
1.5.2 Mengidentifikasi
unsur kebugaran
jasmani
|
|||
1.5.3 Mengidentifikasi jenis dan mengkreasikan berbagai program latihan
keterampilan aktivitas pengembangan kebugaran
|
|||
1.5.4 Mengevaluasi materi pembelajaran
aktivitas pengembangan kebugaran
|
|||
|
1.6. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas senam dan
senam ritmik
|
1.6.1 Menjelaskan konsep aktivitas senam dan aktivitas ritmik
|
|
1.6.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas senam dan aktivitas ritmik
|
|||
1.6.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar
dan menganalisis peraturan permainan dalam
lingkup aktivitas senam dan aktivitas ritmik
|
|||
1.6.4 Mengevaluasi materi pembelajaran
lingkup aktivitas senam dan aktivitas ritmik
|
|||
1.7 Memilih materi
pembelajaran dalam lingkup aktivitas air
|
1.7.1 Menjelaskan konsep aktivitas air
|
||
1.7.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam
lingkup aktivitas air
|
|||
1.7.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar
dan menganalisis peraturan permainan dalam lingkup aktivitas air
|
|||
1.7.4 Mengevaluasi materi pembelajaran
lingkup aktivitas air
|
|||
1.8. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pendidikan
luar kelas
.
|
1.8.1 Menjelaskan konsep aktivitas
pendidikan luar kelas
|
||
1.8.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas pendidikan luar kelas
|
|||
1.8.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar
aktivitas pendidikan
luar kelas dalam
pembelajaran
|
|||
1.8.4 Mengevaluasi materi pembelajaran aktivitas pendidikan
luar kelas
|
|||
1.9.
Memilih materi pembelajaran kesehatan
|
1.9.1 Menjelaskan konsep kesehatan
|
||
1.9.2 Mengidentifikasi materi kesehatan
|
|||
1.9.3 Mengevaluasi materi pembelajaran kesehatan
|
|||
Menguasai
standar kompetensi
dan kompetensi
dasar matapelajaran/bidang
pengembangan yang diampu
|
2.1. Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu
|
2.1.1. Mengidentifikasi landasan yuridis standar kompetensi mata pelajaran
penjas
|
|
2.1.2 Menganalisis lingkup/standar mata pelajaran penjas
|
|||
2.1.3 Menganalisis standar kompetensi mata
pelajaran penjas
|
|||
2.2. Memahami kompetensi
dasar mata pelajaran yang
diampu
|
2.2.1. Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran
penjas
|
||
2.2.2.Memetakan kompetensi dasar
penjas berdasar lingkup, ranah, dan gradasinya
|
|||
2.3 Memahami
tujuan
Pembelajaran
yang diampu
|
2.3.1. Menjelaskan konsep dasar perumusan
tujuan pembelajaran
|
||
2.3.2. Mengidentifikasi ranah pembelajaran
|
|||
2.3.3. Merumuskan indikator pencapaian
kompetensi
|
|||
2.3.4. Merumuskan tujuan
pembelajaran
|
|||
Mengembangkan materi
pembelajaran penjasorkes secara kreatif
|
3.1. Memilih materi pembelajaran yang diampu
sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik
|
3.1.1.Menjelaskan karakter peserta didik sesuai dengan tingkat
perkembangannya
|
|
3.1.2. Menjelaskan karakter setiap
materi pembelajaran dan kesesuaiannya dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|||
3.1.3. Menentukan materi
pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan
|
|||
3.2. Mengolah materi
pelajaran yang
diampu secara
kreatif sesuai
dengan tingkat
perkembangan peserta didik
|
3.2.1. Menjelaskan prinsip dan
prosedur pemodifikasian materi pembelajaran
|
||
3.2.2. Memodifikasi materi pembelajaran
sesuai dengan karakter peserta didik
|
|||
Mengembangkan
keprofesionalan secara
berkelanjutan
dengan melakukan
Tindakan
reflektif
|
4.1. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara terus menerus
|
4.1.1. Menjelaskan kompetensi profesi yang harus dimiliki guru
|
|
4.1.2. Mengidentifikasi rumusan indikator kinerja guru
|
|||
4.1.3. Melakukan penilaian kinerja secara
mandiri (self assessment)
|
|||
4.2. hasil refleksi dalam rangka
peningkatan
keprofesionalan
|
4.2.1.
Memaknai hasil penilaian mandiri
|
||
4.2.2. Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri
|
|||
|
|
||
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangk an diri
|
5.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
berkomunikas
|
5.1.1. Menjelaskan berbagai
manfaat TIK
dalam pembelajaran
|
Link:
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN PENJASKES"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr