Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
|
1.
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
1.1.
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik,
moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
1.1.1.
Menentukan masa
perkembangan peserta didik sesuai dengan karakteristiknya pada aspek sosial
emosional.
|
|
1.1.2.
Menganalisis
karakteristik peserta didik berdasarkan sifat-sifat yang muncul padanya.
|
|||
1.1.3.
Menganalisis
karakteristik peserta didik berdasarkan tahapan perkembangan berpikir anak.
|
|||
1.2.
Mengidentifikasi
potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
Menganalisis potensi peserta didik dalam mata pelajaran
teknologi informasi dan komunikasi
|
||
1.3.
Mengidentifikasi
bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
Menentukan pendekatan untuk identifikasi bekal-ajar
peserta didik dalam mata pelajaran TIK
|
||
1.4.
Mengidentifikasi
kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
|
Analisis kesulitan belajar peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu.
|
||
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
2.1.
Memahami
berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
2.1.1
Menentukan
kegiatan belajar di kelas yang sesuai dengan materi dan teori belajar yang
mendidik terkait pembelajaran TIK
|
|
2.1.2
Menganalisis
teori belajar yang sesuai dengan konsisi pembelajaran aktual
|
|||
2.2.
Menerapkan
berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
|
2.2.1
Menganalisis
suatu pendekatan atau strategi pembelajaran yang sesuai dalam perencanaan
pembelajaran TIK
|
||
2.2.2
Menentukan
jenis strategi pembelajaran yang sesuai dengan model-model pembelajaran
|
|||
3.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
|
Mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
pelajaran TIK
|
|
4.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
|
Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang
mendidik.
|
Menganalisis strategi-stragei dalam upaya perancangan
pembelajaran yang mendidik
|
|
5.
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong
peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
|
Menganalisis kegiatan pembelajaran untuk mendorong
peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
|
|
6.
Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
|
Memahami berbagai strategi
berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan,
dan/atau bentuk lain.
|
Memilih pendekatan dalam berkomunikasi yang efektif
|
|
7.
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
|
7.1.
Memahami
prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
|
Menganalisis prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang
diampu
|
|
7.2.
Menentukan
aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
|
Menentukan aspek-aspek proses yang penting untuk dinilai
dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran TIK.
|
||
7.3.
Mengadministrasikan
penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan
menggunakan berbagai instrumen.
|
Menganalisis penilaian proses dan hasil belajar secara
berkesinambungan dengan berbagai instrumen
|
||
8.
Memanfaatkan
hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
8.1.
Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
|
Menentukan ketuntasan belajar sesuai dengan informasi
hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran
|
|
8.2.
Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan
pengayaan.
|
8.2.1
Menganalisis
kegiatan pembelajaran dalam rangka merancang program remedial
|
||
8.2.2
Menganalisis
kegiatan pembelajaran dalam rangka merancang program pengayaan
|
|||
9.
Melakukan
tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
|
9.1.
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Menentukan suatu upaya dalam melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan guru
|
|
9.2.
Memanfaatkan hasil
refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran
yang diampu.
|
Menganalisis suatu kegiatan dalam memanfaatkan hasil
refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran
|
Link:
0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN TIK"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr