PEMERINTAH
KOTA PADANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMA
NEGERI 13 PADANG
Jln.Tanjung Aur - Telp.( 0751 ) 7862377
DRS.Syucipto
Staf dirjen Dikdasmen kementerian pendidikan Nasional
====================================================================================
Nama : IRFAN DANI, S.Pd
NIM : 1210248
Mata
pelajaran : BIOLOGI
Kls
/Semester : XI/ Semester 1 dan 2
ANALISIS STANDAR ISI
1.Tujuan
1.1
Tujuan Mata pelajaran
Mata
pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
- Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan
menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran
Tuhan Yang Maha Esa
- Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka,
ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
- Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan
menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil
percobaan secara lisan dan tertulis
- Mengembangkan kemampuan berpikir analitis,
induktif, dan deduktif dengan
menggunakan konsep dan prinsip biologi
- Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi
dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan
pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
- Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk
menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan
manusia
- Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam
menjaga kelestarian lingkungan.
.
1.2 Analisis Ranah Kompetensi Tujuan;
1.2.1.Ranah kompetensi tujan 1 adalah
afektif.
1.2.2.Ranah kompetensi tujan 2 adalah afektif
dan phisikomotor.
1.2.3.Ranah kompetensi tujan 3 adalah
kognitif,afektif dan phsikomotor.
1.2.4.Ranah kompetensi tujan 4 adalah kognitif,afektif
.
1.2.5 Ranah kompetensi tujan 5 adalah
kognitif, dan phisikomotor.
1.2.6 Ranah kompetensi tujan 4 adalah
kognitif, dan phisikomotor.
1.2.7 Ranah kompetensi tujan 7 adalah afektif
dan phisikomotor.
1.3 Analisis Substansi Materi pada
Ranah Kompetensi Tujuan adalah ;
1.3.1 Sikap positif terhadap Biologi :
Keteraturan dan keindahan alam, kebesaran
Tuhan.Terdapat pada SK ( perhatikan
tabel dibawah ini )
1.3.2
Sikap ilmiah (Jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerja sama
dengan
orang lain. Terdapat Pada SK (
perhatikan tabel dibawah ini )
1.3.3
Pengembangan pengalaman melalui percobaan serta mengkomunikasikan hasil
percobaan secara lisan dan tertulis.
Terdapat pada SK( perhatikan tabel dibawah
ini )
1.3.4
Berpikir analitis, induktif, dan deduktif. Terdapat pada SK ( perhatikan tabel
dibawah ini )
1.3.5
Penerapan konsep dan prinsip Biologi serta keterkaitannya dengan IPA
lainnya.Terdapat pada SK ( perhatikan
tabel dibawah ini )
1.3.6
Penerapan konsep dan prinsip Biologi untuk menghasilkan karya teknologi
sederhana. Terdapat pada SK (
perhatikan tabel dibawah ini )
1.3.7
Peningkatan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian
lingkungan. Terdapat pada SK (
perhatikan tabel dibawah ini ).
Tujuan Mata Pelajaran
|
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas
XII
|
|||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt
2
|
|
1.
1. Membentuk sikap positif terhadap
Biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta memgagungkan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD
5.2
|
2.
2.Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif,
terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
3.
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
|
KD 1.3
KD 2.1
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD
5.2
|
3.
Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui
percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
4.
|
KD 1.2
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 4.3
KD 4.4
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 5.1
KD
5.2
|
4.Mengembangkan
kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep
dan prinsip Biologi.
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD
5.2
|
5.Mengembangkan
penguasaan konsep dan prinsip Biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA
lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri.
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD
5.2
|
6.Menerapkan
konsep dan prinsip Biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang
berkaitan dengan kebutuhan manusia.
|
KD 5.1
KD
5.2
|
|||||
7.Meningkatkan
kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD
5.2
|
2.Ruang lingkup
2.1 Ruang Lingkup Mata
pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang
menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
- Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan
pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan
materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
- Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan
fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
- Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses
metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains,
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
2.2.Sebaran Ruang lingkup
Ruang Lingkup Materi
|
Kelas x
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Semester1
|
Semester 2
|
Semester1
|
Semester 2
|
Semester1
|
Semester 2
|
|
Ruang lingkup 1
Hakikat biologi, keanekaragaman
hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem,
perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
|
KD
1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
|
||||
Ruang lingkup 2
Organisasi seluler, struktur
jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta
penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
KD
1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
|
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD
3.8
|
||||
Ruang lingkup 3
Proses yang terjadi pada
tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan
implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
KD
1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD
5.2
|
3. Standar Kompetensi
3.1.SK pada semester 1 berjumlah 3, KD
sebanyak
7 dan semester 2 berjumlah 1 SK dan 6 KD.
3.2.Ranah Kompetensi pada SK :
1.
Memahami struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. ( C 2 )
2.
Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta
penerapannya dalam konteks salingtemas. ( C 2 )
3.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit
yang mungkin terjadi serta implikasinya pada
salingtemas.( C 4 )
3.3.Materi Pokok pada SK :
1.
Struktur dan fungsi
sel sebagai unit terkecil kehidupan.
2.
Keterkaitan antara
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam
konteks salingtemas.
3.
Struktur dan fungsi
organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi
serta implikasinya pada salingtemas.
4.Kompetensi Dasar
4.1
Jumlah KD pada semester 1 ada 7 dan semester 2 ada 6 yaitu :
SK 1, KD :
1.1
Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan.
1.2
Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan.
1.3
Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi,
osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).
SK
2 , KD :
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan
mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar
kultur jaringan.
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan
Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.
SK
3 , KD :
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak
pada manusia.
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
peredaran darah.
Semester 2,
SK 3, KD :
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan
makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi
pada manusia dan hewan (misalnya pada
ikan dan serangga)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses yang meliputi
pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan
pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
4.2.Ranah Kompetensi pada KD :
Analisis Kompetensi pada KD
KD 1 :
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan. ( C 2 )
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan. ( C 2 )
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif,
endositosis, eksositosis). ( C 3 )
KD
2 :
2.1 Mengidentifikasi struktur
jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan. ( C 2 )
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan
hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya. ( C 2 )
KD
3 :
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem gerak pada manusia. ( C 2 )
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem peredaran darah. ( C 2 )
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia). (
C 2 )
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung).
( C 2 )
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan serangga). ( C 2 )
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin,
dan penginderaan).
( C 2 )
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses yang
meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan,
dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
reproduksi manusia. ( C 2 )
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit . ( C 2 )
5.Materi Pokok
pada KD :
5.1 Materi Pokok
KD 1 :
5.1.1
Komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan.
- · Komponen kimiawi sel.
- · Struktur sel sebagai unit terkecil kehidupan.
- · Fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
5.1.2
Organela
sel tumbuhan dan hewan.
- · organel sel tumbuhan.
- · organel sel hewan.
5.1.3
Mekanisme
transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis,
eksositosis).
·
Mekanisme transpor pada membran.
·
Difusi,
osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis.
KD
2 :
5.2.1 Struktur
jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·
Struktur
jaringan tumbuhan.
·
Fungsi
jaringan tumbuhan.
·
Sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
5.2.2 Struktur
jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.
·
Struktur jaringan hewan vertebrata.
·
Fungsi jaringan hewan vertebrata.
·
Kaitan struktur dan
fungsi jaringan hewan vertebrata.
KD
3 :
5.3.1 Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada
manusia.
·
Struktur
alat pada sistem gerak manusia.
·
Fungsi
alat pada sistem gerak manusia.
·
Proses
sistem gerak pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem gerak
pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
5.3.2 Keterkaitan
antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem peredaran darah.
·
Struktur
alat pada sistem peredaran darah manusia.
·
Fungsi
alat pada sistem peredaran darah manusia.
·
Proses
sistem peredaran darah pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem peredaran pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran pada manusia.
Semester 2 :
5.3.3 Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan
makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia).
·
Struktur
alat sistem pencernaan manusia.
·
Fungsi
alat sistem pencernaan manusia.
·
Proses
sistem pencernaan pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem pencernaan pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan pada manusia.
5.3.4 Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung).
·
Struktur
alat sistem pernapasan manusia.
·
Fungsi
alat sistem pernapasan manusia.
·
Proses
sistem pernapasan pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia.
5.3.5 Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan
proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi
pada manusia dan hewan (misalnya pada
ikan dan serangga).
·
Struktur
alat sistem ekskresi manusia.
·
Fungsi
alat sistem ekskresi manusia.
·
Proses
sistem ekskresi pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia.
5.3.6 Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).
Sistem saraf :
·
Struktur
alat sistem saraf manusia.
·
Fungsi
alat sistem saraf manusia.
·
Proses
sistem saraf pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem saraf pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem saraf pada manusia.
Sistem Indra :
·
Struktur
alat sistem indra pada manusia.
·
Fungsi
alat sistem indra pada manusia.
·
Proses
sistem indra pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem indra pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem indra pada manusia.
Sistem Hormon :
·
Struktur
alat sistem hormon pada manusia.
·
Fungsi
alat sistem hormon pada manusia.
·
Proses
sistem hormon pada manusia.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem hormon pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem hormon pada manusia.
5.3.7
Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin,
ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
·
Struktur alat sistem reproduksi pada manusia.
·
Fungsi
alat sistem reproduksi pada manusia.
·
Proses
sistem reproduksi pada manusia.
·
Ovulasi.
·
Menstruasi.
·
Fertilisasi.
·
Kehamilan
dan pemberian ASI.
·
Kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem reproduksi pada manusia.
·
Penanggulangan
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi pada manusia.
5.3.8 Mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.
·
Pertahanan
tubuh alami.
·
Pertahanan tubuh
buatan.
·
Mekanisme pertahanan
tubuh terhadap benda asing.
·
Antigen dan bibit
penyakit.
·
Macam-macam anti bodi.
6.Indikator Pembelajaran
6.1.
Indikator Pencapaian
KD 1.1
1.
Menyebutkan komponen
kimia sel.
2.
Menyelaskan struktur
komponen kimia sel.
3.
Menyebutkan struktur
dan fungsi sel.
4.
Menjelaskan struktur
dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
KD 1.2
5.
Menyebutkan organel sel
tumbuhan.
6.
Menyebutkan organel sel
hewan.
7.
Menggambarkan struktur
sel tumbuhan berdasar kan pengamatan gambar/ lingkungan.
8.
Menggambarkan struktur
sel hewan berdasarkan pengamatan gambar/ lingkungan.
9.
Menjelaskan struktur
bagian-bagian sel beserta fungsinya
10. Mendesains
karya model sel.
KD 1.3
11. Menyebutkan
mekanisme transpor pada membran.
12. Menjelaskan
ciri-ciri transpor secara aktif.
13. Menjelaskan
ciri-ciri transpor secara pasif.
14. Menjelaskan
ciri-ciri difusi.
15. Menjelaskan
ciri-ciri osmosis.
16. Menjelaskan
ciri-ciri endositosis.
17. Menjelaskan
ciri-ciri eksositosis.
18. Menjelaskan
ciri-ciri plasmolisis.
19. Menjelaskan
penerapan konsep transfor yang terjadi pada pengawetan bahan makanan.
KD 2.1
1.
Menyebutkan macam-macam
jaringan pada tumbuhan.
2.
Menjelaskan macam-macam
jaringan pada tumbuhan.
3.
Menjelaskan fungsi
berbagai macam jaringan pada tumbuhan.
4.
Mengkaitkan sifat
totipotensi jaringan dengan teknik kultur jaringan.
5.
Menjelaskan
prinsip-prinsip dasar kultur jaringan.
KD
2.2.
1.
Menyebutkan berbagai
macam jaringan hewan vertebrata.
2.
Menjelaskan macam-macam
jaringan hewan vertebrata.
3.
Menjelaskan fungsi
berbagai macam jaringan hewan vertebrata.
4.
Menjelaskan fungsi
masing-masing jaringan berdasarkan struktur,bentuk dan fungsinya.
5.
Menjelaskan kaitan
antara struktur dan fungsi jaringan hewan vertebrata.
6.
Menjelaskan pengertian
tumor/kanker
7.
Menjebutkan macam-macam
kanker yang terdapat pada manusia..
KD 3.1.
1.
Menyebutkan struktur alat gerak pada sistem gerak manusia.
2.
Menjelaskan fungsi alat
gerak pada manusia.
3.
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi tulang dalam sistem gerak.
4.
Mengidentifikasi struktur
dan fungsi sendi dalam sistem gerak.
5.
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi otot dalam sistem gerak.
6.
Menjelaskan proses
gerak pada manusia.
7.
Menjelaskan keterkaitan
tulang, otot dan sendi dalam sistem gerak.
8.
Menjelaskan mekanisme
kerja otot sebagai alat gerak aktif.
9.
Menjelaskan penyebab
terjadinya kelainan / gangguan pada sistem gerak.
10.
Menjelaskan cara penanggulangan
/ menghindari / rehabilitasi berbagai penyakit pada sistem gerak.
KD 3.2
1.
Menyebutkan struktur
alat peredaran darah manusia.
2.
Menjelaskan komponen
darah( plasma dan sel-sel darah).
3. Menjelaskan
fungsi darah.
4.
Menjelaskan fungsi,
jantung.
5.
Menjelaskan fungsi
pembuluh darah (arteri dan vena).
6.
Menentukan golongan
darah manusia.
7.
Menjelaskan prinsip
dasar penggolongan darah.
8.
Menjelaskan dasar-dasar
transfusi darah.
9.
Menjelaskan berbagai
alat-alat yang berkaitan dengan peredaran darah
10.
Membedakan peredaran
darah balik dan peredaran darah nadi.
11.
Membedakan peredaran
darah pendek dan peredaran darah panjang.
12.
Mengenal berbagai kelainan
/ penyakit pada sistem peredaran darah.
13.
Menjelaskan penyebab
kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah.
14.
Menjelaskan upaya
menghindari / rehabilitasi kelainan / penyakit pada sistem
peredaran
darah.
15.
Menjelaskan sistem peredaran darah berbagai hewan.
16.
Mengidentifikasi
alat-alat peredaran darah berbagai hewan.
17.
Mengidentifikasi ciri
khas berbagai sistem peredaran darah berbagai hewan..
KD 3.3.
1.
Menyebutkan struktur
alat pencernaan makanan pada manusia.
2.
Menjelaskan fungsi alat
pencerrnanan makanan manusia.
3.
Menjelaskan proses
pencernaan makanan pada manusia.
4.
Menjelaskan keterkaitan
antara struktur fungsi dan proses pencernaan makanan manusia.
5.
Menjelaskan struktur,
fungsi dan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia.
6.
Membedakan sistem
pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia.
7.
Menjelaskan kemungkinan
penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan manusia.
8.
Mengidentifikasi cara
menghindari / merehabilitasi penyakit / gangguan pada sistem pencernaan makanan
manusia.
KD 3.4.
1.
Menyebutkan struktur
alat pernafasan manusia.
2.
Menjelaskan struktur
dan fungsi alat-alat pernafasan pada manusia.
3.
Menjelaskan mekanisme
pernapasan pada manusia.
4.
Membedakan pernafasan
dada dan pernafasan perut.
5.
Menjelaskan proses
mekanisme pertukaran Oksigen dan Karbondioksida dari alveolus ke kapiler darah
atau sebaliknya.
6.
Menjelaskan alat-lat
pernafasan pada burung.
7.
Menjelaskan proses pernapasan pada burung.
8.
Membedakan pernafasan
manusia dan burung.
9.
Menjelaskan kelainan /
penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.
10.
Mengenali cara-cara
pencegahan / menghindari penyakit pada sistem
pernafasan.
KD 3.5
1.
Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan
defekasi.
2.
Menyebutkan struktur alat-alat
ekskresi manusia.
3.
Menjelaskan struktur
dan fungsi alat-alat eksresi manusia.
4.
Menjelaskan proses
ekskresi pada manusia. seperti keringat, urine, CO2 dan H2O
(uap air).serta empedu.
5.
Membedakan struktur
alat ekskresi ikan, cacing dan belalang (ginjal).
6.
Membedakan alat
ekskresi hewan dan manusia.
7.
Menjelaskan proses
eksresi pada ikan, cacing dan belalang
8.
Menjelaskan penyebab
kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi.
9.
Menjelaskan cara
penanggulangan kelainan/penyakit pada sistem ekskresi manusia.
KD 3.6
1.
Membuat charta sistem
koordinasi (struktur dan fungsi susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera).
2.
Menjelaskan struktur (susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat
indera).
3.
Menjelaskan fungsi (susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat
indera).
4.
Menjelaskan proses
kerjanya sel saraf, endokrin dan alat-alat indera
5.
Menjelaskan
keterkaitan fungsi susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera,seperti pada
pertumbuhan dan perkembangan, proses mendengar, melihat, mengecap, meraba,
mencium.
6.
Mengenali
berbagai gangguan / penyakit / kelainan dan penyebab-nya yang berkaitan dengan
susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera.
7.
Menjelaskan
cara mencegah / menghindari gangguan / penyakit yang terjadi pada susunan
syaraf, endokrin dan alat-alat indera
8.
Mengkomunikasikan
dampak pengaruh narkoba terhadap susunan syaraf / alat-alat indera.
KD 3.7
1.
Menyebutkan struktur
alat reproduksi pada manusia.
2.
Menjelaskan fungsi alat
reproduksi manusia.
3.
Menjelaskan struktur,
fungsi alat reproduksi (laki-laki dan wanita).
4.
Menjelaskan proses
pembentukan sperma dan sel telur.
5.
Mengurutkan tahapan
spermatogenesis dan oogenesis.
6.
Membuat charta / model
spermatogenesis dan oogenesis.
7.
Menguraikan
faktor-faktor yang mempengaruhi ovulasi.
8.
Menjelaskan proses
ovulasi.
9.
Menjelaskan proses menstruasi.
10. Merefleksi
diri terhadap nilai-nilai moral dan agama dengan makin matangnya sistem
reproduksi.
11. Mendeskripsikan
alat kontrasepsi pada pria dan wanita
12.
Menjelaskan proses
fertilisasi,
13.
Menjelaskan proses gestasi.
14.
Menjelaskan proses persalinan/melahirkan.
15.
Menjelaskan alasan
pentingnya ASI bagi bayi.
16.
Menjelaskan penyebab
terjadinya kelainan / penyakit yang
terkait sistem reproduksi.
17.
Menjelaskan cara
mencegah / merehabilitasi gangguan / penyakit berkaitan dengan sistem reproduksi.
KD 3.8.
1.
Membedakan pertahanan
tubuh alami dan buatan.
2.
Membedakan antigen dan
antibodi.
3.
Menjelaskan fungsi
antigen dan antibodi pada mekanisme
pertahanan tubuh.
4.
Menjelaskan proses
mekanisme pertahanan tubuh terhadap
benda asing.
5.
Menjelaskan akibat yang terjadi bila pertahanan tubuh
lemah.
7.Kegiatan Pembelajaran.
7.1.1
:
·
Kajian pustaka tentang
komponen kimiawi sel.
·
Mendiskusikan komponen
kimia organik dan anorganik.
·
Kajian pustaka tentang
struktur sel.
·
Mendiskusikan tentang
fungsi sel.
7.1.2 :
· Kajian
pustaka tentang struktur
dan fungsi organel sel hewan dan sel tumbuhan.
· Mendiskusikan
tentang struktur
dan fungsi organel sel hewan dan sel tumbuhan.
·
Menugaskan untuk
membuat model sel hewan dan tumbuhan dengan fungsi organelnya masing-masing.
7.1.3 :
·
Kajian
pustaka tentang mekanisme transpor
pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).
·
Mendiskusikan
ciri-ciri transpor secara difusi, osmosis, plasmolisis, mekanisme transpor
aktif dan pasif serta penerapan konsep transpor dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mencari
dan membuat macam-macam makanan awetan dalam penerapan konsep transpor melalui
membran.
7.2.1.
:
·
Kajian
pustaka tentang struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan
fungsinya, serta menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·
Mendiskusikan tentang struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan serta sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·
Menugaskan siswa untuk menggambar struktur jaringan
tumbuhan dengan fungsinya.
·
Membuat charta urutan proses kultur jaringan.
7.2.2
:
·
Kajian
pustaka tentang struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya
dengan fungsinya.
·
Mendiskusikan
tentang struktur jaringan hewan
Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.
·
Menugaskan siswa untuk menggambar struktur jaringan hewan
dengan fungsinya.
·
Kajian
literatur tentang kanker/tumor dan memdiskusikan cara penanggulangannya.
7.3.1
:
·
Kajian
literatur tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
·
Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak
pada manusia.
·
Menugaskan siswa untuk menggambar struktur tulang, otot
dan sendi.
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada kerusakan sistem gerak.
7.3.2 :
·
Kajian
literatur tentang keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem peredaran darah.
·
Mendiskusikan
tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada sistem peredaran darah..
·
Kajian literatur dan diskusi tentang sistem peredaran
darah berbagai hewan.
7.3.3
:
·
Kajian literatur tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada
manusia dan hewan (misalnya ruminansia ).
·
Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia
dan hewan (misalnya ruminansia ).
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada sistem pencernaan makanan manusia.
·
Kajian literatur dan diskusi tentang sistem pencernaan
makanan pada berbagai hewan.
7.3.4
:
·
Kajian
literatur tentang keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem pernapasan pada manusia dan hewan
(misalnya burung ).
·
Mendiskusikan tentang keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung ).
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada sistem pernapasan pada manusia.
·
Kajian literatur dan diskusi tentang sistem pernapasan
pada berbagai hewan.
7.3.5
:
·
Kajian
literatur tentang keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem ekskresi pada manusia dan hewan
(misalnya ikan dan serangga).
·
Mendiskusikan tentang keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem ekskresi pada manusia dan hewan
(misalnya ikan dan serangga).
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada ekskresi pada
manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).
7.3.6
:
·
Kajian
literatur tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem regulasi/koordinasi manusia (saraf, endokrin,
dan penginderaan).
·
Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit
yang dapat terjadi pada sistem regulasi/koordinasi manusia (saraf, endokrin,
dan penginderaan).
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada sistem koordinasi.
7.3.7 :
·
Kajian
literatur tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin,
ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
·
Mendiskusikan
tentang Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin,
ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada sistem reproduksi manusia.
7.3.8
:
·
Kajian
literatur tentang mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa
antigen dan bibit penyakit.
·
Mendiskusikan
tentang mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa
antigen dan bibit penyakit.
·
Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan
pemanfaatan teknologi pada sistem imun/ kekebalan manusia.
8. Penilaian :
7.1
Jenis penilaian : Tes tertulis,
UH, / Lisan, Kuis.
7.2
Bentuk penilaian : Non Tes /
Penugasan Terstruktur.
9. Alokasi Waktu
:
1.
KD 1.1
Memerlukan waktu 180 menit.
2.
KD 1.2 Memerlukan
waktu 180 menit.
3.
KD 1.3
Memerlukan waktu 180 menit.
4.
KD 2.1
Memerlukan waktu 270 menit.
5.
KD 2.2
Memerlukan waktu 270 menit.
6.
KD 3.1
Memerlukan waktu 360 menit.
7.
KD 3.2
Memerlukan waktu 360 menit.
8.
KD 3.3
Memerlukan waktu 360 menit.
9.
KD 3.4
Memerlukan waktu 360 menit.
10. KD 3.5 Memerlukan waktu 360
menit.
11. KD 3.6 Memerlukan waktu 450
menit.
12. KD 3.7 Memerlukan waktu 450
menit.
13. KD 3.8 Memerlukan waktu 180
menit.
10. Sumber
Belajar/ Bahan Ajar :
1.
Biologi SMA kelas XI oleh Istamar
Syamsuri, Erlangga, Jakarta.
2.
Biologi SMA kelas XI oleh D.A
Pratiwi, Erlangga, Jakarta.
3.
Biologi SMA kelas 2 oleh
Amien moh, Balai Pustaka, Jakarta.
4.
Biologi SMA kelas XI oleh
Wigati Hadi Omegawati, cs Intan Pariwara, Jakarta.
5.
Biologi SMA kelas XI oleh
BSE.
6.
Buku Biologi lain yang
relevan.
7.
LDS ( Untuk Lingkungan
Sendiri ).
8.
Bahan Ajar ( Untuk Lingkungan
Sendiri ).
9.
Video dari situs internet (
download sendiri ).
Diketahui Oleh, Padang, 16 September
2013
Guru Pamong Guru
Bidang Studi
Dra. ENDRINIATI IRFAN DANI, S.Pd
NIP.196308251988032003 NIM. 1210248
0 Response to "ANALISIS STANDAR ISI BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 1 DAN 2"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr