PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

ANALISIS STANDAR ISI BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 1 DAN 2

PEMERINTAH KOTA PADANG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 13 PADANG

Jln.Tanjung Aur   -  Telp.( 0751 ) 7862377


DRS.Syucipto Staf dirjen Dikdasmen kementerian pendidikan Nasional

====================================================================================

Nama                  :  IRFAN DANI, S.Pd
NIM                    : 1210248
Mata pelajaran    :  BIOLOGI
Kls /Semester      :  XI/ Semester  1 dan 2

ANALISIS STANDAR ISI
1.Tujuan
1.1 Tujuan Mata pelajaran
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
  3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
  4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif,  dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
  5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
  6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
  7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
.
1.2 Analisis Ranah Kompetensi Tujuan;
     1.2.1.Ranah kompetensi tujan 1 adalah afektif.
     1.2.2.Ranah kompetensi tujan 2 adalah afektif dan phisikomotor.
     1.2.3.Ranah kompetensi tujan 3 adalah kognitif,afektif dan phsikomotor.
     1.2.4.Ranah kompetensi tujan 4 adalah kognitif,afektif .
     1.2.5 Ranah kompetensi tujan 5 adalah kognitif, dan phisikomotor.
    1.2.6 Ranah kompetensi tujan 4 adalah kognitif, dan phisikomotor.
    1.2.7 Ranah kompetensi tujan 7 adalah afektif dan phisikomotor.
     1.3 Analisis Substansi Materi pada Ranah Kompetensi Tujuan adalah ;
1.3.1 Sikap positif terhadap Biologi : Keteraturan dan keindahan alam, kebesaran
         Tuhan.Terdapat pada SK ( perhatikan tabel dibawah ini )
1.3.2 Sikap ilmiah (Jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerja sama dengan   
         orang lain. Terdapat Pada SK ( perhatikan tabel dibawah ini )
1.3.3 Pengembangan pengalaman melalui percobaan serta mengkomunikasikan hasil
         percobaan secara lisan dan tertulis. Terdapat pada SK( perhatikan tabel dibawah  
         ini )
1.3.4 Berpikir analitis, induktif, dan deduktif. Terdapat pada SK ( perhatikan tabel
         dibawah ini )
1.3.5 Penerapan konsep dan prinsip Biologi serta keterkaitannya dengan IPA 
         lainnya.Terdapat pada SK ( perhatikan tabel dibawah ini )
1.3.6 Penerapan konsep dan prinsip Biologi untuk menghasilkan karya teknologi
         sederhana. Terdapat pada SK ( perhatikan tabel dibawah ini )
1.3.7 Peningkatan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian  
         lingkungan. Terdapat pada SK ( perhatikan tabel dibawah ini ).


Tujuan Mata Pelajaran
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII

Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
1.      1. Membentuk sikap positif terhadap Biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta memgagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.


KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4

KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
 KD 4.4
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5

KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD 5.2
2.      2.Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
3.       
KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4

KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
 KD 4.4
KD 1.3
KD 2.1

KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5

KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD 5.2
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
4.       
KD 1.2
KD 2.4

KD 3.1
KD 3.2
KD 4.3
 KD 4.4
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6

KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5

KD 5.1
KD 5.2
4.Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip Biologi.

KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4

KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
 KD 4.4
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5

KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD 5.2

5.Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip Biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri.


KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4


KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
 KD 4.4

KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2

KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8

KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5


KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD 5.2
6.Menerapkan konsep dan prinsip Biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia.






KD 5.1
KD 5.2
7.Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.


KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4

KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
 KD 4.4
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD 5.2

  2.Ruang lingkup
2.1 Ruang Lingkup Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
  2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
  3. Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

2.2.Sebaran Ruang lingkup     

Ruang Lingkup Materi
Kelas x
Kelas XI
Kelas XII
Semester1
Semester 2
Semester1
Semester 2
Semester1
Semester 2
Ruang lingkup 1
Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.


KD 1.1
KD 1.2
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 2.4

KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
 KD 4.4




Ruang lingkup 2
Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.



KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 3.6
KD 3.7
KD 3.8


Ruang lingkup 3
Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.





KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
KD 2.1
KD 2.2
KD 2.3
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3 KD 5.1
KD 5.2
3. Standar Kompetensi
    3.1.SK pada semester 1 berjumlah 3, KD sebanyak 7 dan semester 2 berjumlah 1 SK dan 6 KD.
    3.2.Ranah Kompetensi pada SK :
1.       Memahami  struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. ( C 2 )
2.       Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas. ( C 2 )
3.       Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada  salingtemas.( C 4 )
    3.3.Materi Pokok pada SK :
1.         Struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.  
2.         Keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas.
3.         Struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada  salingtemas.





4.Kompetensi Dasar
4.1 Jumlah KD pada semester 1 ada 7 dan semester 2 ada 6 yaitu :

SK 1,  KD :
1.1     Mendeskripsikan  komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
1.2     Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan.
1.3     Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).

SK 2 , KD :
2.1  Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
2.2  Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.

SK 3 , KD :
3.1  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
3.2  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
Semester 2, SK 3, KD :
3.3  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
3.4  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
3.6  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
3.7  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8  Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit



  4.2.Ranah Kompetensi pada KD :
   Analisis Kompetensi pada KD
 KD 1 :
1.1  Mendeskripsikan  komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. ( C 2 )
1.2  Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan. ( C 2 )
1.3  Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis). ( C 3 )
KD 2 :
2.1  Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan. ( C 2 )
2.2  Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya. ( C 2 )

KD 3 :
3.1  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia. ( C 2 )
3.2  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah. ( C 2 )
3.3  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia). ( C 2 )
3.4  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung).
( C 2 )
3.5  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga). ( C 2 )
3.6  Menjelaskan keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).
( C 2 )
3.7  Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia. ( C 2 )
3.8  Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit . ( C 2 )



5.Materi Pokok pada KD :
5.1    Materi Pokok

KD 1 :
5.1.1        Komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  • ·        Komponen kimiawi sel.
  • ·        Struktur  sel sebagai unit terkecil kehidupan.
  • ·        Fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

5.1.2        Organela sel tumbuhan dan hewan.
  • ·         organel sel tumbuhan.
  • ·         organel sel hewan.

5.1.3        Mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).
·        Mekanisme transpor pada membran.
·        Difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis.
KD 2 :
5.2.1 Struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·           Struktur jaringan tumbuhan.
·           Fungsi jaringan tumbuhan.
·           Sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
5.2.2 Struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.
·           Struktur jaringan hewan vertebrata.
·           Fungsi jaringan hewan vertebrata.
·           Kaitan struktur dan fungsi jaringan hewan vertebrata.
KD 3 :
5.3.1  Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
·           Struktur alat pada sistem gerak manusia.
·           Fungsi alat pada sistem gerak manusia.
·           Proses sistem gerak  pada manusia.
·           Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak  pada manusia.
·           Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak  pada manusia.
5.3.2 Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
·           Struktur alat pada sistem peredaran darah manusia.
·           Fungsi alat pada sistem peredaran darah manusia.
·           Proses sistem peredaran darah  pada manusia.
·           Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran pada manusia.
·           Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran  pada manusia.
Semester 2 :
5.3.3  Keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia).

·         Struktur alat sistem pencernaan manusia.
·         Fungsi alat sistem pencernaan manusia.
·         Proses sistem pencernaan pada manusia.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan  pada manusia.
5.3.4  Keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung).
·         Struktur alat sistem pernapasan manusia.
·         Fungsi alat sistem pernapasan manusia.
·         Proses sistem pernapasan pada manusia.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan  pada manusia.
5.3.5  Keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan  proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan  hewan (misalnya pada ikan dan serangga).
·         Struktur alat sistem ekskresi manusia.
·         Fungsi alat sistem ekskresi manusia.
·         Proses sistem ekskresi pada manusia.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi  pada manusia.
5.3.6  Keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).

Sistem saraf :
·         Struktur alat sistem saraf manusia.
·         Fungsi alat sistem saraf manusia.
·         Proses sistem saraf pada manusia.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem saraf pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem saraf pada manusia.


Sistem Indra :
·         Struktur alat sistem indra pada manusia.
·         Fungsi alat sistem indra pada manusia.
·         Proses sistem indra pada manusia.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem indra pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem indra pada manusia.

Sistem Hormon :
·         Struktur alat sistem hormon pada manusia.
·         Fungsi alat sistem hormon pada manusia.
·         Proses sistem hormon pada manusia.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem hormon pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem hormon pada manusia.

5.3.7        Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
·         Struktur alat sistem reproduksi pada manusia.
·         Fungsi alat sistem reproduksi pada manusia.
·         Proses sistem reproduksi pada manusia.
·         Ovulasi.
·         Menstruasi.
·         Fertilisasi.
·         Kehamilan dan pemberian ASI.
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi pada manusia.
·         Penanggulangan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi pada manusia.

5.3.8   Mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.
·         Pertahanan tubuh alami.
·         Pertahanan tubuh buatan.
·         Mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing.
·         Antigen dan bibit penyakit.
·         Macam-macam anti bodi.

6.Indikator Pembelajaran

6.1.       Indikator Pencapaian
   KD 1.1
1.   Menyebutkan komponen kimia sel.
2.   Menyelaskan struktur komponen kimia sel.
3.   Menyebutkan struktur dan fungsi sel.
4.   Menjelaskan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
             KD 1.2
5.    Menyebutkan organel sel tumbuhan.
6.    Menyebutkan organel sel hewan.
7.    Menggambarkan struktur sel tumbuhan berdasar kan pengamatan gambar/ lingkungan.
8.    Menggambarkan struktur sel hewan berdasarkan pengamatan gambar/ lingkungan.
9.    Menjelaskan struktur bagian-bagian sel beserta fungsinya
10.  Mendesains karya model sel.
           
            KD 1.3
11.  Menyebutkan mekanisme transpor pada membran.
12.  Menjelaskan ciri-ciri transpor secara aktif.
13.  Menjelaskan ciri-ciri transpor secara pasif.
14.  Menjelaskan ciri-ciri difusi.
15.  Menjelaskan ciri-ciri osmosis.
16.  Menjelaskan ciri-ciri endositosis.
17.  Menjelaskan ciri-ciri  eksositosis.
18.  Menjelaskan ciri-ciri plasmolisis.
19.  Menjelaskan penerapan konsep transfor yang terjadi pada pengawetan bahan makanan.

            KD 2.1
1.    Menyebutkan macam-macam jaringan pada tumbuhan.
2.    Menjelaskan macam-macam jaringan pada tumbuhan.
3.    Menjelaskan fungsi berbagai macam jaringan pada tumbuhan.
4.    Mengkaitkan sifat totipotensi  jaringan dengan teknik  kultur jaringan.
5.    Menjelaskan prinsip-prinsip dasar kultur jaringan.

            KD 2.2.
1.    Menyebutkan berbagai macam jaringan hewan vertebrata.
2.    Menjelaskan macam-macam jaringan hewan vertebrata.
3.    Menjelaskan fungsi berbagai macam jaringan hewan vertebrata.
4.    Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan berdasarkan struktur,bentuk dan fungsinya.
5.    Menjelaskan kaitan antara struktur dan fungsi jaringan hewan vertebrata.
6.    Menjelaskan pengertian tumor/kanker
7.    Menjebutkan macam-macam kanker yang terdapat pada manusia..
               KD 3.1.
1.    Menyebutkan struktur alat gerak pada sistem gerak manusia.
2.    Menjelaskan fungsi alat gerak pada manusia.
3.    Mengidentifikasi struktur dan fungsi tulang dalam sistem gerak.
4.    Mengidentifikasi struktur dan fungsi sendi dalam sistem gerak.
5.    Mengidentifikasi struktur dan fungsi otot dalam sistem gerak.
6.    Menjelaskan proses gerak pada manusia.
7.    Menjelaskan keterkaitan tulang, otot dan sendi dalam sistem gerak.
8.    Menjelaskan mekanisme kerja otot sebagai alat gerak aktif.
9.    Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan / gangguan pada sistem gerak.
10.     Menjelaskan cara penanggulangan / menghindari / rehabilitasi berbagai penyakit pada sistem gerak.
               KD 3.2
1.    Menyebutkan struktur alat peredaran darah manusia.
2.    Menjelaskan komponen darah( plasma dan sel-sel darah).
3.  Menjelaskan fungsi darah.
4.    Menjelaskan fungsi, jantung.
5.    Menjelaskan fungsi pembuluh darah (arteri dan vena).
6.    Menentukan golongan darah manusia.
7.    Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah.
8.    Menjelaskan dasar-dasar transfusi darah.
9.    Menjelaskan berbagai alat-alat yang berkaitan dengan peredaran darah
10.    Membedakan peredaran darah balik dan peredaran darah nadi.
11.    Membedakan peredaran darah pendek dan peredaran darah panjang.
12.    Mengenal berbagai kelainan / penyakit pada sistem peredaran darah.
13.    Menjelaskan penyebab kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah.
14.    Menjelaskan upaya menghindari / rehabilitasi kelainan / penyakit pada sistem
peredaran darah.
15.    Menjelaskan  sistem peredaran darah berbagai hewan.
16.    Mengidentifikasi alat-alat peredaran darah berbagai hewan.
17.    Mengidentifikasi ciri khas berbagai sistem peredaran darah berbagai hewan..
               KD 3.3.
1.    Menyebutkan struktur alat pencernaan makanan pada manusia.
2.    Menjelaskan fungsi alat pencerrnanan makanan manusia.
3.    Menjelaskan proses pencernaan makanan pada manusia.
4.    Menjelaskan keterkaitan antara struktur fungsi dan proses pencernaan makanan manusia.
5.    Menjelaskan struktur, fungsi dan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia.
6.    Membedakan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia.
7.    Menjelaskan kemungkinan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan manusia.
8.    Mengidentifikasi cara menghindari / merehabilitasi penyakit / gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia.
              KD 3.4.
1.    Menyebutkan struktur alat pernafasan manusia.
2.    Menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat pernafasan pada manusia.
3.    Menjelaskan mekanisme pernapasan pada manusia.
4.    Membedakan pernafasan dada dan pernafasan perut.
5.    Menjelaskan proses mekanisme pertukaran Oksigen dan Karbondioksida dari alveolus ke kapiler darah atau sebaliknya.
6.    Menjelaskan alat-lat pernafasan pada burung.
7.     Menjelaskan proses pernapasan pada burung.
8.    Membedakan pernafasan manusia dan burung.
9.    Menjelaskan kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.
10.     Mengenali cara-cara pencegahan / menghindari penyakit pada sistem
pernafasan.        

KD 3.5
1.   Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi.
2.    Menyebutkan struktur alat-alat ekskresi manusia.
3.    Menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat eksresi manusia.
4.    Menjelaskan proses ekskresi pada manusia. seperti keringat, urine, CO2 dan H2O (uap air).serta empedu.
5.    Membedakan struktur alat ekskresi ikan, cacing dan belalang (ginjal).
6.    Membedakan alat ekskresi hewan dan manusia.
7.    Menjelaskan proses eksresi pada ikan, cacing dan belalang
8.    Menjelaskan penyebab kelainan / penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi.
9.    Menjelaskan cara penanggulangan kelainan/penyakit pada sistem ekskresi manusia.
           
KD 3.6
1.    Membuat charta sistem koordinasi (struktur dan fungsi susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera).
2.    Menjelaskan struktur   (susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera).
3.    Menjelaskan fungsi  (susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera).
4.    Menjelaskan proses kerjanya sel saraf, endokrin dan alat-alat indera
5.    Menjelaskan keterkaitan fungsi susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera,seperti pada pertumbuhan dan perkembangan, proses mendengar, melihat, mengecap, meraba, mencium.
6.    Mengenali berbagai gangguan / penyakit / kelainan dan penyebab-nya yang berkaitan dengan susunan syaraf, endokrin, dan alat-alat indera.
7.    Menjelaskan cara mencegah / menghindari gangguan / penyakit yang terjadi pada susunan syaraf, endokrin dan alat-alat indera
8.    Mengkomunikasikan dampak pengaruh narkoba terhadap susunan syaraf / alat-alat indera.

       KD 3.7
1.    Menyebutkan struktur alat reproduksi pada manusia.
2.    Menjelaskan fungsi alat reproduksi manusia.
3.    Menjelaskan struktur, fungsi alat reproduksi (laki-laki dan wanita).
4.    Menjelaskan proses pembentukan sperma dan sel telur.
5.    Mengurutkan tahapan spermatogenesis dan oogenesis.
6.    Membuat charta / model spermatogenesis dan oogenesis.
7.    Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi ovulasi.
8.    Menjelaskan proses ovulasi.
9.    Menjelaskan proses menstruasi.
10.  Merefleksi diri terhadap nilai-nilai moral dan agama dengan makin matangnya sistem reproduksi.
11.  Mendeskripsikan alat kontrasepsi pada pria dan wanita
12.    Menjelaskan proses fertilisasi,
13.    Menjelaskan proses  gestasi.
14.    Menjelaskan proses  persalinan/melahirkan.
15.    Menjelaskan alasan pentingnya ASI bagi bayi.
16.    Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan / penyakit  yang terkait  sistem reproduksi.
17.    Menjelaskan cara mencegah / merehabilitasi gangguan / penyakit berkaitan dengan sistem reproduksi.

KD 3.8.
1.        Membedakan pertahanan tubuh alami dan buatan.
2.        Membedakan antigen dan antibodi.
3.        Menjelaskan fungsi antigen dan antibodi pada  mekanisme pertahanan tubuh.
4.        Menjelaskan proses mekanisme  pertahanan tubuh terhadap benda asing.
5.        Menjelaskan  akibat yang terjadi bila pertahanan tubuh lemah.
7.Kegiatan Pembelajaran.

7.1.1 :
·      Kajian pustaka tentang komponen kimiawi sel.
·      Mendiskusikan komponen kimia organik dan anorganik.
·      Kajian pustaka tentang struktur sel.
·      Mendiskusikan tentang fungsi sel.
7.1.2 :
·      Kajian pustaka tentang struktur dan fungsi organel sel hewan dan sel tumbuhan.
·      Mendiskusikan tentang struktur dan fungsi organel sel hewan dan sel tumbuhan.
·      Menugaskan untuk membuat model sel hewan dan tumbuhan dengan fungsi organelnya masing-masing.
7.1.3 :
·      Kajian pustaka tentang mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).
·      Mendiskusikan ciri-ciri transpor secara difusi, osmosis, plasmolisis, mekanisme transpor aktif dan pasif serta penerapan konsep transpor dalam kehidupan sehari-hari.
·      Mencari dan membuat macam-macam makanan awetan dalam penerapan konsep transpor melalui membran.

7.2.1. :
·      Kajian pustaka tentang struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, serta menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·      Mendiskusikan tentang struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
·      Menugaskan siswa untuk menggambar struktur jaringan tumbuhan dengan fungsinya.
·      Membuat charta urutan proses kultur jaringan.
7.2.2 :
·      Kajian pustaka tentang struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.
·      Mendiskusikan tentang  struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya.
·      Menugaskan siswa untuk menggambar struktur jaringan hewan dengan fungsinya.
·      Kajian literatur tentang kanker/tumor dan memdiskusikan cara penanggulangannya.
7.3.1 :
·      Kajian literatur tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
·      Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
·      Menugaskan siswa untuk menggambar struktur tulang, otot dan sendi.
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada kerusakan sistem gerak.
7.3.2  :
·      Kajian literatur tentang  keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
·      Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada sistem peredaran darah..
·      Kajian literatur dan diskusi tentang sistem peredaran darah berbagai hewan.
7.3.3 : 
·       Kajian literatur tentang  keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia ).
·       Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia ).
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada sistem pencernaan makanan manusia.
·      Kajian literatur dan diskusi tentang sistem pencernaan makanan pada berbagai hewan.

7.3.4 :
·      Kajian literatur tentang  keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan  pada manusia dan hewan (misalnya burung ).
·       Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung ).
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada sistem pernapasan pada manusia.
·      Kajian literatur dan diskusi tentang sistem pernapasan pada berbagai hewan.
7.3.5 :
·      Kajian literatur tentang  keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi  pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).
·       Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi  pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada ekskresi  pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga).
7.3.6 :  
·      Kajian literatur tentang keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi/koordinasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).
·      Mendiskusikan tentang keterkaitan antara struktur,  fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi/koordinasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan).
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada sistem koordinasi.
7.3.7 :    
·      Kajian literatur tentang keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
·      Mendiskusikan tentang Keterkaitan antara struktur, fungsi, dan  proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada sistem reproduksi manusia.
7.3.8 :  
·      Kajian literatur tentang mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.
·      Mendiskusikan tentang mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit.
·      Kajian literatur dan diskusi tentang penanggulangan dan pemanfaatan teknologi pada sistem imun/ kekebalan manusia.
8. Penilaian :

7.1    Jenis penilaian : Tes tertulis, UH, / Lisan, Kuis.
7.2    Bentuk penilaian : Non Tes / Penugasan Terstruktur.


9. Alokasi Waktu :

1.      KD 1.1 Memerlukan waktu 180 menit.
2.      KD 1.2 Memerlukan waktu 180 menit.
3.      KD 1.3 Memerlukan waktu 180 menit.
4.      KD 2.1 Memerlukan waktu 270 menit.
5.      KD 2.2 Memerlukan waktu 270 menit.
6.      KD 3.1 Memerlukan waktu 360 menit.
7.      KD 3.2 Memerlukan waktu 360 menit.
8.      KD 3.3 Memerlukan waktu 360 menit.
9.      KD 3.4 Memerlukan waktu 360 menit.
10.  KD 3.5 Memerlukan waktu 360 menit.
11.  KD 3.6 Memerlukan waktu 450 menit.
12.  KD 3.7 Memerlukan waktu 450 menit.
13.  KD 3.8 Memerlukan waktu 180 menit.
10. Sumber Belajar/ Bahan Ajar :

1.      Biologi SMA kelas XI oleh Istamar Syamsuri, Erlangga, Jakarta.
2.      Biologi SMA kelas XI oleh D.A Pratiwi, Erlangga, Jakarta.
3.      Biologi SMA kelas 2 oleh Amien moh, Balai Pustaka, Jakarta.
4.      Biologi SMA kelas XI oleh Wigati Hadi Omegawati, cs Intan Pariwara, Jakarta.
5.      Biologi SMA kelas XI oleh BSE.
6.      Buku Biologi lain yang relevan.
7.      LDS ( Untuk Lingkungan Sendiri ).
8.      Bahan Ajar ( Untuk Lingkungan Sendiri ).
9.      Video dari situs internet ( download sendiri ).


Diketahui Oleh,                                                     Padang,  16 September 2013 
Guru Pamong                                                        Guru Bidang Studi
                                                                                                                                       




Dra. ENDRINIATI                                              IRFAN DANI, S.Pd NIP.196308251988032003                        NIM. 1210248                        

0 Response to "ANALISIS STANDAR ISI BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 1 DAN 2"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr