PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PENINGKATAN KARAKTER BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA DENGAN ASESMEN KINERJA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA


1. FITRIZA BUDI RAHAYU, M.Pd. 

Guru Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri 4 Bukittinggi 

2. PROF. DR. FESTIYED, M.S. 

Dosen Fisika FMIPA UNP


ABSTRACT

KTSP  according to teacher  is able to create class based assessment, likes work performance assessment in order to the students can think creative and scientific and also be able to cooperative. The fact shows that tfe performance assessment has not carried out yet and the developing of characters of creative thinking and students  cooperative have not increased yet. The purpose of this research is to increase students creative thinking and cooperative.
The type of this research is “ Classroom Action Research” abreviated with PTK. PTK is the research which shows the combination between ‘acton’ and research that done by teacher in class. 
The result of it is increasing the students creative thinking characters and cooperative by using performance assessment equipment in Dinamic Electric material that consist of performance assessment sheet and students work sheets. The data analysisi result show that performance assessment sheet and students work sheet which developed are valid. The result of teachers and students respon sheets and also the carried out of assessment show that there are improvement of students creative thinking characters and cooperative by using performance assessment equipment.

Keyword: Performance assessment, characters of  creative thinking, cooperative.


ABSTRAK
KTSP menuntut guru mampu untuk mengembangkan asesmen berbasis kelas diantaranya asesmen kinerja agar  peserta didik berpikir ilmiah dan kreatif serta dapat bekerjasama.Namun kenyataan di lapangan menunjukkan belum terlaksananya asesmen kinerja dan belum meningkatnya karakter berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) selanjutnya disingkat dengan PTK adalah penelitian yang merupakan perpaduan antara tindakan (action) dan penelitian (research) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas.
Hasil  penelitian adalah peningkatan karakter berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik menggunakan perangkat Asesmen Kinerja pada materi Listrik Dinamis yang terdiri dari Lembaran Asesmen Kinerja, Lembaran Kinerja Peserta Didik. Hasil analisis data menunjukkan Lembaran Asesmen Kinerja  dan  Lembaran Kinerja Peserta Didik yang dikembangkan sangat valid. Hasil angket respon guru dan angket respon siswa serta keterlaksanaan Asesmen menunjukkan terjadinya peningkatan karakter berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik menggunakan perangkat asesmen kinerja.
            Keyword : Asesmen Kinerja,karakter berpikir kreatif dan kerjasama



Sumber:
 


0 Response to "PENINGKATAN KARAKTER BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA DENGAN ASESMEN KINERJA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr