1. FITRIZA BUDI RAHAYU, M.Pd.
Guru Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri 4 Bukittinggi
2. PROF. DR. FESTIYED, M.S.
Dosen Fisika FMIPA UNP
ABSTRACT
KTSP according to teacher is able to create class based assessment,
likes work performance assessment in order to the students can think creative
and scientific and also be able to cooperative. The fact shows that tfe
performance assessment has not carried out yet and the developing of characters
of creative thinking and students
cooperative have not increased yet. The purpose of this research is to
increase students creative thinking and cooperative.
The
type of this research is “ Classroom Action Research” abreviated with PTK. PTK
is the research which shows the combination between ‘acton’ and research that
done by teacher in class.
The
result of it is increasing the students creative thinking characters and
cooperative by using performance assessment equipment in Dinamic Electric
material that consist of performance assessment sheet and students work sheets.
The data analysisi result show that performance assessment sheet and students
work sheet which developed are valid. The result of teachers and students
respon sheets and also the carried out of assessment show that there are
improvement of students creative thinking characters and cooperative by using
performance assessment equipment.
Keyword:
Performance assessment, characters of creative thinking, cooperative.
ABSTRAK
KTSP menuntut guru
mampu untuk mengembangkan asesmen berbasis kelas diantaranya asesmen kinerja agar
peserta didik berpikir ilmiah dan kreatif
serta dapat bekerjasama.Namun
kenyataan di lapangan menunjukkan belum terlaksananya asesmen
kinerja dan belum meningkatnya karakter berpikir kreatif dan kerjasama peserta
didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kreatif dan
kerjasama peserta didik.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
selanjutnya disingkat dengan PTK adalah penelitian yang merupakan perpaduan
antara tindakan (action) dan penelitian (research) yang
dilaksanakan oleh guru di dalam kelas.
Hasil penelitian adalah peningkatan
karakter berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik menggunakan perangkat
Asesmen Kinerja pada materi Listrik Dinamis yang terdiri dari Lembaran Asesmen
Kinerja, Lembaran Kinerja Peserta Didik. Hasil analisis data menunjukkan
Lembaran Asesmen Kinerja dan
Lembaran Kinerja Peserta Didik yang dikembangkan sangat valid. Hasil
angket respon guru dan angket respon siswa serta keterlaksanaan Asesmen
menunjukkan terjadinya peningkatan karakter berpikir kreatif dan kerjasama
peserta didik menggunakan perangkat asesmen kinerja.
Keyword : Asesmen Kinerja,karakter
berpikir kreatif dan kerjasama
Sumber:
0 Response to "PENINGKATAN KARAKTER BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA DENGAN ASESMEN KINERJA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr