PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

ANALISA ZAT TAMBAHAN MAKANAN DALAM MINUMAN RINGAN MENGGUNAKAN ETANOL-AIR SEBAGAI FASA GERAK SECARA HPLC

Budhi Oktavia, Desy Kurniawati, Edi Nasra

Jurusan Kimia FMIPA UNP, Air Tawar, Padang 25131, Sumatera Barat, Indonesia

Email : budhi_okt@yahoo.com

ABSTRAK

Berbagai minuman ringan (soft drink) yang beredar di pasaran berupaya menarik konsumen dengan rasa yang enak, warna yang menarik dan kekuatan yang diperoleh setelah meminum produk mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut produsen menambahkan zat tambahan makanan untuk memenuhi proporsi kandungan tertentu dalam minuman tersebut dan juga untuk meningkatkan keawetannya. Beberapa zat tambahan makananan yang sering ditambahkan pada minuman ringan adalah kafein sebagai penambah energi dan sakarin sebagai penambah rasa/pemanis. Pada penelitian ini telah dilakukan penentuan kadar kafein dan sakarin dalam beberapa minuman ringan (softdrink) yang beredar di pasaran. Panjang gelombang maksimum (l max) untuk kafein dan sakarin, yaitu 273 nm dan 272 nm berturut-turut telah diukur menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Variasi  konsentrasi eluen telah dilakukan untuk mendapatkan pemisahan kafein dan sakarin. Konsentrasi etanol:air (50:50) memberikan pemisahan yang terbaik dengan waktu retensi (RT) 3,3 menit untuk kafein dan 6 menit untuk sakarin. Kurva kalibrasi linier untuk larutan standar telah dibuat dan dilakukan analisa kadar kafein dan sakarin pada kondisi terbaik, yaitu laju alir eluen etanol:air (50:50) 1 ml/menit, kolom ODS C18 dan l = 273 nm. Aplikasi pada sampel minuman ringan terdapat kafein dan sakarin dalam berbagai konsentrasi, dengan konsentrasi tertinggi kafein 1210,0 ppm dan konsentrasi tertinggi sakarin 10023,1 ppm.


Kata Kunci : zat tambahan makanan, kafein, sakarin, HPLC 



Sumber:
 




0 Response to "ANALISA ZAT TAMBAHAN MAKANAN DALAM MINUMAN RINGAN MENGGUNAKAN ETANOL-AIR SEBAGAI FASA GERAK SECARA HPLC "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr