Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan
informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Pada hakikatnya
proses belajar-mengajar merupakan suatu bentuk komunikasi dimana siswa tidak hanya
terpaku pada penjelasan guru, tetapi siswa juga dapat menggunakan media-media
penunjang pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis
multimedia adalah suatu metode pembelajaran dengan menggunakan perangkat
multimedia sebagai sarana utamanya. Dalam hal ini, komputer merupakan komponen
utama dalam pembelajaran.
Kemp dan Dayton (1985) mengemukakan manfaat penggunaan
media
dalam pembelajaran adalah:
a) Penyampaian materi dapat diseragamkan;
b) Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan
menarik;
c) Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif;
d) Efisiensi
waktu dan tenaga;
e) Meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa;
f) Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja;
g) Media dapat
menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar; dan
h) Mengubah peran guru kearah yang lebih positif dan
produktif.
Penggunaan media dalam pembelajaran memang sangat
disarankan, tetapi dalam penggunaannya tidak semua media baik. Ada hal-hal yang
harus dipertimbangkan dalam pemilihan media, antara lain tujuan pembelajaran, sasaran
didik, karakteristik media yang bersangkutan, waktu, biaya, ketersediaan
sarana, konteks penggunaan, dan mutu teknis. Penggunaan media yang tepat akan
sangat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Sebaliknya, penggunaan
media yang tidak tepat hanya akan menghambur-hamburkan biaya dan tenaga,
terlebih bagi ketercapaian tujuan pembelajaran akan jauh dari apa yang
diharapkan. Sebagai salah satu sarana pembelajaran, sekolah harus dapat menyediakan
media yang tepat untuk menunjang aktivitas siswa dalam belajar agar tidak jenuh
dalam menerima pembelajaran di sekolah.
0 Response to "Pengertian Media Pembelajaran"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr