Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Diktiosom

   
DYCTIOSOMA


Aparatus golgi memiliki ciri morfologis yang khas dan terdiri dari beberapa kantong pipih bermembran yang disebut dengan cisternae yang terlihat seperti tumpukan. Aparatus golgi terdiri dari 5 lempeng cisterna yang sejajar melengkung berbentuk piala. Tiap sisterna berupa kantung gepeng bertekuk. Bagian tepi tiap sisterna biasanya menggelembung dan berlobang. Di bagian tepi terdapat pembuluh yang menghubungkan sesama sisterna.

Tumpukan golgi memiliki polaritas struktural tersendiri, dan membran sisterna pada sisi- sisi tumpukan yang berlawanan berbeda dalam hal ketebalan dan komposisi molekularnya. Kedua kutub tumpukan golgi disebut sebagai sisi cis dan sisi trans; sisi cis biasanya terletak didekat RE bekerja sebagai bagian penerimaan dan sisi trans sebagai pengiriman pada aparatus golgi.


Komposisi kimia
Dengan pewarnaan sitokimia tampak bahwa AG terdiri dari:
a.       Polisakarida pada seluruh sakulus.
b.      Thiamin pyrophosphatase (Tp ase) dan nukleotida diphosphatase (NADPase), terdapat pada kedua cisterna dari fase cis
c.       Asam phosphatase pada cisterna dari fase trans.
d.      Nukleotida adenin dinucleotida phosphatase (NADPase) dalarn cisterna intermediet dan suatu 5' nucleotidase adenylate cyclase pada cisterna cis dan trans.

Fungsi aparatus golgi:
1.      Memodifikasi dan menyimpan produk- produk dari RE contohnya protein serta mengirimnya ke berbagai tujuan
2.      Membuat sendiri beberapa makromolekul contoh pektin dan berbagai polisakarida nonselulosa

3.      Pembentukan lisosom.

[Note Pandani] 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Pengertian Diktiosom"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr