I Nyoman Arcana*)
*) Staf Pengajar Kalkulus
pada Prodi Pendidikan Fisika FKIP
Universitas Katolik Widya Mandala
Surabaya
Jl. Kalijudan 37, Surabaya 60114,
Indonesia.
Abstrak
Rendahnya prestasi
belajar Kalkulus bagi mahasiswa Program
Studi Pendidikan Fisika FKIP Unika Widya Mandala Surabaya diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya:
mahasiswa yang mengikuti kuliah adalah mahasiswa tahun pertama, kurang mampu membaca buku teks
kalkulus, terutama teks yang berbahasa Inggris, dan belum terlatihnya mahasiswa
menerapkan cooperative learning. Penelitian
pengembangan ini bertujuan membuat modul bilingual yang berorientasi
cooperative learning pada pembelajaran kalkulus diferensial. Diharapkan modul
ini mampu menghilangakan penyebab rendahnya prestasi tersebut. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan buku ajar. Pengembangan dilakukan di Program Studi
Pendidikan Fisika FKIP Unika Widya Mandala Surabaya. Sesuai dengan ketentuan
pemakaian metode penelitian ini, maka modul telah melalui validasi ahli dan uji
lapangan. Tetapi uji lapangan yang dilakukan hanyalah unji lapangan awal. Hasil
penelitian berupa modul pembelajaran yang diberi judul Seri
Modul Kalkulus Pendekatan Bilingual & Cooperative Learning: MEMAHAMI KONSEP KALKULUS DIFERENSIAL. Modul ini bermanfaat untuk
meningkatkan pemahaman konsep dasar Kalkulus Diferensial, meningkatkan
kemampuan membaca Kalkulus dalam Bahasa
Inggris dan kemampuan dalam cooperative learning. Keistimewaan
dari buku ini adalah tanpa disadarinya kemampuan bahasa Inggris mahasiswa
meningkat.
Kata kunci: hitung diferensial, bilingual, cooperative learning.
Sumber:
0 Response to "PENGEMBANGAN MODUL BILINGUAL BERORIENTASI COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR HITUNG DIFERENSIAL"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr