PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengaruh Penggunaan Beberapa Jenis Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Melon (Cucumis melo L.)

Drs. Mades Fifendy, M.Biomed.; Ir. Irwan Muas, MP.;
Okta Lona Delfia, S.Pd

ABSTRAK
Melon merupakan tanaman hortikultura yang tergolong tanaman semusim (berumur pendek), tumbuh berbaring di atas tanah dan merambat pada pepohonan atau lanjaran bambu yang dipersiapkan untuk pembudidayaannya dengan menggunakan alat pembelit berupa sulur. Meski tanaman melon termasuk salah satu jenis buah-buahan yang relatif belum lama dibudidayakan di Indonesia, namun langsung populer dikalangan masyarakat luas serta banyak digemari karena dapat dikonsumsi dalam berbagai jenis hidangan. Untuk meningkatkan produktivitas tanaman buah-buahan, serta mendukung program pengembangan pertanian ramah lingkungan, diberikan agen hayati Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai jenis FMA terhadap pertumbuhan dan produksi buah melon (Cucumis melo L). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2010 sampai Maret 2011 di Laboratorium Proteksi dan Kebun Percobaan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (BALITBU TROPIKA) Aripan, Solok. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan enam perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah Glomus fasciculatum, Glomus agregatum, Acaulospora tuberculata, Glomus intraradices, Bioriza 02 G dan tanpa inokulasi (sebagai kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh perlakuan mampu mengkolonisasi akar dan memacu pertumbuhan tanaman. Bioriza 02 G merupakan formulasi inokulum fungi mikoriza yang baik dalam memacu pertumbuhan dan produksi melon.


Keyword : FMA, Cucumis melo, Bioriza 02 G.


Sumber:
 

0 Response to "Pengaruh Penggunaan Beberapa Jenis Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Melon (Cucumis melo L.)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr