loading...

Download Pedoman Pelaksanaan Program SM-3T

loading...
Loading...
Pedoman Pelaksanaan Program Sarjana Mendidik Di Daerah Terdepan, Terluar Dan Tertinggal (SM-3T).

Program SM-3T adalah program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru. 

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki wilayah yang luas, kondisi geografis maupun sosiokultural sangat heterogen, yang pada beberapa wilayah kondisi pendidikannya masih mengalami berbagai permasalahan, terutama daerah yang terdepan, terluar, dan tertinggal (daerah 3T). Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T, adalah Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidikan yang belum bertugas sebagai guru (PNS/GTY), untuk ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai citacita luhur seperti yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Untuk memfasilitasi pelaksanaan di lapangan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi perlu menyusun pedoman sebagai acuan bagi berbagai pihak terkait dengan menyelenggarakan Program SM-3T. Panduan ini secara garis besar memuat: latarbelakang, pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan landasan yuridis. Pada bagian selanjutnya dibahas tentang sasaran, masukan, persyaratan peserta, sistem rekrutmen, dan prakondisi. Bagian akhir pedoman di uraikan tentang LPTK penyelenggara, daerah sasaran, jadwal dan pembiayaan

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada tim penyusun dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan buku pedoman ini.

Jakarta, Juni 2012 
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi 


Djoko Santoso 
NIP 195309091978031003

Download file:
Download file
loading...

0 Response to "Download Pedoman Pelaksanaan Program SM-3T"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...