Bayharti1) ,
Andromeda1) , Isra Juweldi 2)
1)Staf Pengajar
Jurusan Kimia FMIPA UNP
2)Alumni Prodi
Pendidikan Kimia FMIPA UNP
Email : bayharti@yahoo.com
ABSTRAK
Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran
dikenal dengan Computer–Assisted
Intruction (CAI). Salah satu program CAI yang banyak dikembangkan saat ini adalah
multimedia Interaktif. Pembelajaran
kimia laju reaksi seharusnya
dilakukan dengan praktikum, namun karena keterbatasan alat, bahan dan
pengelolaan laboratorium, praktikum sulit dilaksanakan. Untuk mengatasi
keterbatasan ini visualisasi praktikum dapat dilaksanakan melalui media
berbasis computer. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan menguji
tingkat kelayakan media pembelajaran dalam bentuk Compack
Disk interaktif (CDI) dilengkapi LKS
untuk pembelajaran kimia SMP pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developmen (R & D), yakni menghasilkan produk
tertentu dan menguji efektifitasnya. Media dibuat dengan menggunakan program Video Ulead 9, Macromedia Flash MX Professional
2004, Director dreamwever dan Microsoft Office Word 2007. Uji
kelayakan terhadap media compact disk (CD)
interaktif dilengkapi LKS dilakukan
kepada siswa dan guru IPA SMPN 7 Padang serta mahasiswa prodi pendidikan
kimia/dosen kimia UNP. Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk
skala Likert dengan skala 1-5. Hasil analisa angket
menunjukkan nilai rata-rata
kelayakan pada siswa adalah 4,30 sedangkan nilai kelayakan media dari angket mahasiswa/guru/dosen kimia
adalah 4,20. Jika nilai ini diinterpretasikan pada kategori kelayakan dengan
nilai standar kelayakan r > 3,0, maka
media CD interaktif dilengkapi LKS ini sangat layak digunakan sebagai
salah satu media pembelajaran alternatif materi laju reaksi di SMP.
Kata Kunci : Compact
disk (CD) interaktif, LKS, media pembelajaran, kelayakan
Sumber:
0 Response to "MEDIA CD INTERAKTI DILENGKAPI LKS UNTUK PEMBELAJARAN LAJU REAKSI DI SMP*)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr