ABSTRAK
ENA SUMA I.W (2011) : Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger
Di Kelas XI SMAN 6 Padang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika
siswa kelas XI SMAN 6 Padang. hal ini terlihat dari nilai rata-rata ujian semester siswa yang belum
mencapai KKM, nilai rata-ratanya hanya 51,11 sedangkan KKM yang ditetapkan 66. Diantara
faktor penyebabnya adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam
pembelajaran fisika dan pembelajaran yang dilakukan kurang menunjang
kreatifitas siswa. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar
fisika siswa adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Treffinger.
Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah hipotesis kerja “Terdapat
peningkatan hasil belajar fisika siswa
Kelas XI SMAN 6 Padang dengan penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Treffinger”
Penelitian ini merupakan quasy experiment dan rancangan penelitian
yang digunakan adalah randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
SMUN 6 Padang 2010/2011. Sampel
penelitian ini adalah kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis kesamaan dua rata-rata dengan
menggunakan uji t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai
varians yang homogen.
Berdasarkan hasil analisis
data yang diperoleh, thitung = 3,21 dan ttabel = 1,98. Karena didapatkan t berada di wilayah
penolakan H0, yaitu 3,21 >1,98 maka keputusannya adalah H0
ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dapat meningkatkan
hasil belajar fisika siswa pada taraf
signifikan 95%.
Sumber:
0 Response to "ENA SUMA I.W (2011): Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger Di Kelas XI SMAN 6 Padang"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr