PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Analisis Hasil Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2008/2009 di Kota Padang dengan Metode Statistika Sederhana

Maiyastri
Jurusan Matematika, FMIPA Unand Padang
yas_tri@yahoo.com

Ujian Akhir Nasional (UAN) atau Ujian nasional (UN) dilaksanakan Depdiknas adalah sebagai salah satu ukuran untuk mengevaluasi hasil proses belajar dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, dan dapat juga menjadi dasar untuk penerimaan sisiwa baru pada tingkat yang lebih tinggi.  Tulisan ini mengkaji hasil UN (SMA) Tahun Ajaran 2008/2009 di Kota Padang dengan metode statistika sederhana. Metode statistika yang digunakan adalah histogram, diagran dahan/batang daun, diagram  kotak garis, nilai rata-rata dan simpangan baku serta analisis ragam satu arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keganjilan pada beberapa SMA, yaitu untuk suatu mata pelajaran nilainya hampir sama, malahan ada yang hanya mempunyai 3 kemungkinan nilai saja.  Hal ini bisa menimbulkan bermacam-macam kecurigaan dan ketidak kepercyaan terhadap nilai UN tersebut.


Kata kunci: UN, Histogram, dahan/batang daun, kotak garis, analisis ragam satu arah.


Sumber:
 

0 Response to "Analisis Hasil Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Ajaran 2008/2009 di Kota Padang dengan Metode Statistika Sederhana"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr