PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

ALTERNATIF STRATEGI PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN BERKARAKTER BANGSA*

(Drs. Ristiono, M. Pd. dan Dr. Ulfa Syukur, M. Si.)**




Abstract


  Pendidikan berkarakter bangsa menerapkan lima sendi belajar, yaitu learning to know, learning to do, learning to live together, learning to be, dan learning to believe in God. Pendidikan ini mendewasakan aspek awarenes, attitude, dan action. Pendidikan karakter sangat menentukan human excelence, yaitu excelence of tought dan excelence of character. Keunggulannya mencerminkan iman dan takwa, pengendalian diri, sabar, disiplin, kerja keras,  ulet dan gigih, jujur dan bertanggungjawab, membela kebenaran dan kepatutan, sopan dan santun, taat pada peraturan, loyal, demokratis/ musyawarah, konsisten, toleran, rasa kebersamaan, anti kekerasan, dan gotong royong. dimensi kemanusiaan, dan panca daya kemanusiaan. Nilai-nilai utama  pendidikan karakter bangsa berhubungan dengan Tuhan berupa religius; berhubungan dengan diri sendiri berupa jujur, bertanggung jawab, bergaya  hidup  sehat, disiplin, kerja  keras, percaya  diri, berjiwa wirausaha, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif;  mandiri; Ingin  tahu; dan Cinta  ilmu; berhubungan dengan sesama berupa Menyadari hak dan kewajiban diri dan orang lain;  Patuh pada aturan-aturan sosial,  Menghargai karya dan prestasi  orang lain;  Santun;  Demokratis; berkaitan dengan lingkungan meliputi peduli sosial dan lingkungan; dan nilai kebangsaan mencakup; Nasionalis dan menghargai keberagaman, baik yang berbentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama. Konfigurasi karakter diimplementasikan dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosio-kultural menjadi Olah Hati (Spiritual and emotional development), Olah Pikir  (intellectual development), Olah Raga dan Kinestetik  (Physical and kinestetic development), serta Olah Rasa dan Karsa (Affective and Creativity development).                                                                                  
Program pendidikan karakter meliputi mengamalkan ajaran agama; memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri; menunjukkan sikap percaya diri; mematuhi aturan-aturan sosial; menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi; mencari dan menerapkan informasi; menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif; menunjukkan kemampuan belajar mandiri; menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah; mendeskripsikan gejala alam dan sosial; memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab; menerapkan nilai-nilai kebersamaan; menghargai karya seni dan budaya nasional; menghargai tugas pekerjaan dan kemampuan berkarya; menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang;; berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun; memahami hak dan kewajiban diri; menghargai adanya perbedaan pendapat; menunjukkan kegemaran membaca dan menulis; menunjukkan keterampilan berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris; menguasai pengetahuan untuk mengikuti pendidikan lanjut; dan memiliki jiwa kewirausahaan.
Alternatif strategi pembelajaran Holistik Pendidikan Berkarakter Bangsa berupa Pendidik Berkarakter Tauladan Bagi Anak Didik Berkarakter, Pembelajaran yang Patut dan Menyenangkan, Pembelajaran yang Ramah Otak, Komunikasi Efektif, Penerapan Pendidikan 9 Pilar Karakter, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Berbasis Pertanyaan, Manajemen Kelas Efektif, Pembelajaran Aktif, Model Pembelajaran Karakter Klasikal, dan Model Pembelajaran Karakter Kelompok.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Holistik, dan Karakter Bangsa.
__________________
*   Disampaikan dalam acara Seminar Nasional MIPA dan Pendidikan MIPA.
     Tema “ Integrasi Pendidikan Berkarakter dalam Kurikulum MIPA dan Pendidikan MIPA”  
     Pada Tanggal 19 s/d 20 November 2011 di Aula Fakultas Ekonomi UNP

** Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA UNP Padang. 


Sumber:
 

0 Response to "ALTERNATIF STRATEGI PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN BERKARAKTER BANGSA*"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr