PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Rahmawati. D: "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Lembaran Kerja di SMPN 13 Padang".




ABSTRAK

Permasalahan yang dihadapi oleh guru Biologi di SMPN 13 Padang ditunjukkan oleh permasalahan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pem-belajaran di kelas. Rendahnya aktivitas belajar siswa tersebut merupakan penye-bab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi tahun pelajaran 2007/2008 yang rata-rata berkisar 5,8 - 6,5. Adapun cara yang diperkirakan dapat membantu untuk mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar adalah meto-de diskusi kelompok menggunakan lembaran kerja. Menggunakan metode diskusi kelompok memakai lembaran kerja siswa, akan membuat semua siswa berparti-sipasi secara aktif untuk memecahkan masalah yang dihadapi kelompoknya. Dengan demikian, diharapkan aktivitas belajar siswa juga dapat ditingkatkan. Oleh karena itu dilaksanakan suatu tindakan kelas dengan judul ’’Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Lembaran Kerja di SMPN 13 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kegiatan belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok memakai lembaran kerja dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar?
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkan kelemahan atau kekurangan yang terlihat pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, maka direncanakan pembelajaran yang lebih baik pada siklus II, agar peningkatan aktivitas siswa yang terjadi benar-benar signifikan.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa dengan metode diskusi kelompok memakai lembaran kerja dapat ditingkatkan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif saat diskusi siklus I 67,5 %, siklus II 87,5 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I, 38,3 %, pada siklus II, 64,4 %, siswa yang aktif menjawab dengan pertanyaan siklus I 53,3 %, siklus II 60,8 %, siswa yang mengemukakan pendapat siklus I 26,7 %, siklus II 30,0 %, dan siswa yang membuat kesimpulan siklus I, 60,8 %, siklus II, 92,5 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok memakai lembaran kerja dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

0 Response to "Rahmawati. D: "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Lembaran Kerja di SMPN 13 Padang"."

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr