URAIAN SINGKAT
Akivitas pembuka yang terkenal ini merupakan
perburuan atau pencarian teman sekelas, bukannya pencarian benda. Perburuan ini
bisa dirancang dalam sejumlah cara dan untuk ukuran kelas apapun. Cara ini
membantu terbentuknya semangat tim dan memungkinkan adanya gerakan flslk
semenjak awal pelajaran.
PROSEDUR
1.
Susunlah 6 hingga 10 pernyataan deskriptif untuk
melengkapi frase: Carilah seseorang yang .
Sertakan pernyataan yang mengidentifikasi
informasi pribadi dan/atau isi kelas. Gunakan sebagian dari penggalan kalimat
awal Ini:
Carilah seseorang yang....
menyukal _____
mengetahui apa itu _____
menganggap bahwa _____
mahir dalam hal telah_____
termotlvasi oleh _____
percaya bahwa _____
belakangan ini telah membaca buku tentang_____
berpengalaman dengan ______
tidak menyukai ______
telah mempelajari_____
memlliki usul yang
balk untuk _____
memiliki sebuah ______
menginginkan atau tidak menginginkan_____
2.
Bagikan pernyataan tertulis itu kepada siswa dan
beri-kan perintah berikut ini:
Kegiatan ini tidak
ubahnya perburuan binatang, namun yang
kalian buru adalah orang, bukan binatang. Bila saya katakan "mulai," berkelilinglah ke seputar
ruangan kelas untuk mencari siswa yang cocok dengan pernyataan-pernyataan tertulis yang kalian pegang. Kalian bisa menggunakan masing-masing teman untuk satu pernyataan
yang cocok, sekalipun dia cocok dengan lebih dari satu pernyataan. Bila kalian sudah menemukan yang cocok, tulislah nama depan teman kalian itu.
3.
Bila sebagian besar siswa
sudah selesai, perintahkan untuk menghentikan perburuan dan kembali ke tempat
duduk masing-masing.
4.
Anda mungkin perlu
menawarkan hadiah penghargaan kepada .siswa yang selesai paling duluan. Dan
yang lebih penting, surveilah masing-masing butir pernyataan semua siswa.
Perintahkan siswa untuk melakukan diskusi singkat tentang beberapa butir yang
mungkin dapat menstimulasi minat terhadap topik pelajaran.
VARIASI
1.
Hindarilah persaingan dengan cara mengalokaslkan
cukup waktu bagi semua siswa untuk menyelesalkan perburuan mereka.
2.
Perintahkan siswa untuk
menemui teman-temannya dan mencari tahu seberapa banyak kecocokan yang bisa
didapatkan oleh tiap siswa.
0 Response to "Siapa Saja yang Ada di Kelas?"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr