PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia

Berikut ini adalah macam-macam gangguan dan kelainan pada sistem saraf manusia:
  1. Meningitis merupakan peradangan di bagian selaput otak (meninges) yanng disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitis atau virus.
  2. Hidrosepalus merupakan peradangan selaput otak sehingga cairan otak terkumpul di otak sehingga kepala membesar.
  3. Neuritis iritasi pada neuron yang disebabkan oleh infeksi, kekurangan vitamin, keracunan atau karena tekanan.
  4. Parkinson merupakan gangguan produksi dopamin di otak karena neuron mengalami degenerasi. Kekurangan dopamin mengakibatkan asetilkolin tidak dapat bekerja secara normal. Gangguan koordinasi kerja otot ini mengakibatkan penderita mengalami tremor (melakukan gerak yang tidak terkendali).
  5. Gegar otak adalah gangguan pada otak akibat benturan keras pada kepala.
  6. Epilepsi adalah kelainan pada neuron-neuron di otak akibat kelainan metabolisme, infeksi, toksin, atau kecelakaan. Penderita epilepsi tidak dapat merespons rangsang pada saat kambuh. Bahkan otot-otot rangka berkontraksi dan tidak terkontrol.
  7. Alzheimer umumnya menyerang orang berusia di atas 65 tahun. Gangguan alzheimer ditandai dengan berkurangnya kemampuan mengingat. Pederita alzheimer juga kehilangan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  8. Afasia adalah kehilangan daya ingat, karena kerusakan pada otak besar bagian tengah.
  9. Ataksia adalah penyakit degeneratif akibat menyusutnya otak kecil. Gejala yang dialami penderita ataksia yaitu kesulitan mengontrol gerak tubuh, tersedak saat minum, dan kesulitan melafalkan kata-kata.

0 Response to "Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr