PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Struktur Hati Manusia

1) Letak hati
  • Hati merupakan organ bagian dalam manusia yang berukuran yang paling besar.
  • Organ ini mempunyai berat sekitar 1,5 kg atau sekitar 3-5% dari berat badan.
  • Hati berada di bagian atas sebelah kanan obdomen dan di bawah tulang rusuk.

2) Anatomi Hati


3) Struktur Hati


Hati terdiri dua lobus utama, yaitu lobus kiri dan lobus kanan, dengan posisi sedikit saling menindih. Lobus kanan memiliki dua lobus yang salah satunya berukuran lebih kecil. Setiap lobus terdiri dari banyak lobulus. Lobulus merupakan unsur terkecil yang menyusun hati. Struktur lobulus berbentuk persegi enam, dengan panjang jurang lebih 1 mm.

Bagian luar hati dilindungi oleh kapsula hepatika. Dalam jaringan hati terdapat beberapa pembuluh darah, yaitu arteri hepatika dan vena portal hepatika. Arteri hepatika mengangkut 30 % darah dari jumlah total darah dihati. Darah ini berasal dari percabangan aortea sehingga darah yang diangkut merupakan darah yang mengandung banyak oksigen.sementara itu, venaporta hepati mengangkut 70 % dari jumlah total darah yang ada di hati. Darah ini mengangkut sari-sari makanan dari usus halus. Pembuluh yang mengangkut darah keluar dari hati yaitu vena hepatika. Pertemuan antara pembuluh arteri hepatika dan vena porta hepatika, membentuk sinusoid. Pada sinusoid terjadi spesialisasi sel yang membentuk sel kupffer. Sel ini bertugas memfagositosis organisme asing atau zat-zat berbahaya. Dari fagositosis ini akan menghasilkan bilirubin. Bilirubin ini kemudian diekskresikan oleh kanalikuli dalam wujud empedu. Jaringan hati tersusun oleh sel hepatosit. Antar lapisan hepatosit dipisahkan oleh lakuna, sedangkan antara hepatosit satu dengan hepatosit yang lain di pisahkan oleh kanalikuli.

0 Response to "Struktur Hati Manusia"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr