PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Naskah Bocor, UN Diulang?

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kembali memastikan pihaknya menempuh langkah hukum menindaklanjuti kasus bocornya naskah ujian nasional (UN) di internet melalui Google Drive.

Saat ini Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri sedang melakukan penyelidikan terhadap perusahaan percetakan serta beberapa orang yang terindikasi terlibat.

“Posisi kita tegas. Kita tidak akan diamkan dan tidak bisa diampuni. Semua perangkat hukum akan kita gunakan,” ujarnya saat jumpa pers di kantornya, Kamis (16/4).

Saat ini masih terbuka kemungkinan mengadakan UN ulang, tergantung dari hasil pemindaian lembar jawaban apakah polanya menunjukkan indikasi kebocoran atau tidak.

Jika dari analisis pola jawaban UN ditemukan indikasi kebocoran soal, maka Kemendikbud akan meminta perusahaan yang mencetak naskah tersebut untuk membiayai pelaksanaan UN ulang.

“Belum diputuskan (UN) diulang atau tidak. Semua kemungkinan ada, tergantung dari temuan nanti,” katanya.

Mendikbud Anies Baswedan. Foto: dok.JPNN

Pola jawaban dari lembar jawaban UN juga digunakan untuk menghitung indeks integritas. Lembar jawaban itu diuji sebagai satu kelompok, satu sekolah, dan satu wilayah, sehingga jika ada kebocoran soal UN dapat dilihat dari indeks integritas itu. “Nanti akan ketemu indeks integritas komunal, karena yang dinilai bukan satu orang,” ujar Mendikbud.

Hingga saat ini, tuturnya, Bareskrim Mabes Polri sudah memanggil beberapa orang dari perusahaan pencetak naskah UN yang diunggah ilegal. Respon cepat Kemendikbud dalam melaporkan kasus ini juga direspon dengan sigap oleh pihak kepolisian.

Sumber: JPNN

0 Response to "Naskah Bocor, UN Diulang?"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr