PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Danau Maninjau Sumatera Barat

Danau Maninjau/Lake Maninjau. Foto: ©Pustaka Pandani

Foto: ©Pustaka Pandani
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.


Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan. [Id.wikipedia]

2 Responses to "Danau Maninjau Sumatera Barat"

  1. Wah ternyata danau maninjau ini di sumbar ya.. baru tahu soalnya alamat kos ku dulu jl. danau maninjau hehe

    ReplyDelete
  2. Ketika berkunjung ke danau ini, tepatnya menginap di homestay deket danau. Di pagi hari, kita dapat melihat pemandangan dari danau tersebut. Indah banget.

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr