PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Persepsi Guru Biologi Terhadap Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sertifikasi Guru Tahun 2009 *)






Azwir Anhar **)
Ardi
Reni Erfina

Abstrak
Kualitas pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih tertinggal dibanding negara lain. Hal tersebut sangat tidak menguntungkan untuk bersaing dalam era globalisasi. Berbagai penyebab rendahnya mutu pendidikan juga dihubungkan dengan rendahnya tingkat kesejahteraan dan kompetensi guru. Oleh sebab itu pemerintah telah berusaha meningkatkan kesejahteraan dengan cara memberikan insentif bagi guru yang sudah diakui professional melalui program sertifikasi guru. Proses sertifikasi ditempuh melalui penilaian portofolio. Bagi peserta yang tidak lulus, diharuskan mengikuti program Diklat. Padatnya jadwal dan banyaknya materi selama kegiatan Diklat mengakibatkan berbagai hambatan untuk mencapai hasil yang optimal. Sehubungan dengan itu telah dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan Diklat. Penelitian dilakukan terhadap guru Biologi yang telah mengikuti kegiatan Diklat tahun 2009 angkatan IV dan angkatan VIII dengan jumlah responden sebanyak 34 orang. Responden diberikan angket dan masing-masing item diberi skor menurut skala Likert. Hasil dari rata-rata skor item selanjutnya dikualitatifkan, sehingga akan diperoleh hasil sesuai dengan persepsi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi guru terhadap pelaksanaan Diklat masih belum baik karena berada pada kategori cukup.


Kata Kunci; Persepsi , Diklat, Sertifikasi Guru, Biologi

0 Response to "Persepsi Guru Biologi Terhadap Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sertifikasi Guru Tahun 2009 *)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr