Azwir Anhar **)
Ardi
Reni Erfina
Abstrak
Kualitas pendidikan di Indonesia
sampai saat ini masih tertinggal dibanding negara lain. Hal tersebut sangat
tidak menguntungkan untuk bersaing dalam era globalisasi. Berbagai penyebab
rendahnya mutu pendidikan juga dihubungkan dengan rendahnya tingkat
kesejahteraan dan kompetensi guru. Oleh sebab itu pemerintah telah berusaha
meningkatkan kesejahteraan dengan cara memberikan insentif bagi guru yang sudah
diakui professional melalui program sertifikasi guru. Proses sertifikasi
ditempuh melalui penilaian portofolio. Bagi peserta yang tidak lulus,
diharuskan mengikuti program Diklat. Padatnya jadwal dan banyaknya materi
selama kegiatan Diklat mengakibatkan berbagai hambatan untuk mencapai hasil
yang optimal. Sehubungan dengan itu telah dilakukan penelitian untuk mengetahui
persepsi guru terhadap pelaksanaan Diklat. Penelitian dilakukan terhadap guru
Biologi yang telah mengikuti kegiatan Diklat tahun 2009 angkatan IV dan angkatan VIII dengan
jumlah responden sebanyak 34 orang. Responden diberikan angket dan
masing-masing item diberi skor menurut skala Likert. Hasil dari rata-rata skor
item selanjutnya dikualitatifkan, sehingga akan diperoleh hasil sesuai dengan
persepsi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi guru terhadap
pelaksanaan Diklat masih belum baik karena berada pada kategori cukup.
Kata Kunci;
Persepsi , Diklat, Sertifikasi Guru, Biologi
0 Response to "Persepsi Guru Biologi Terhadap Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sertifikasi Guru Tahun 2009 *)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr