PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK E-LEARNING (ELECTRONIC LEARNING) PADA MATA KULIAH TAKSONOMI INVERTEBRATA

ABSTRACT


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi pembelajaran interaktif berbentuk e-learning berbasis web yang valid dan praktis pada mata kuliah Taksonomi Invertebrata di Jurusan Biologi FMIPA UNP. Untuk mencapai hal tersebut, digunakan model 4D, meliputi tahap define, design, develop dan disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis mahasiswa, analisis tugas dan analisis konsep. Tahap design dilakukan perancangan strategi pembelajaran berbentuk e-learning berbasis web. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas kepada 24 orang mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP. Data penelitian ini diperoleh melalui angket uji validitas dan uji praktikalitas strategi pembelajaran yang dihasilkan dan selanjutnya dilakukan analisis deskriptif. Pada penelitian ini telah berhasil dibuat e-learning interaktif untuk pembelajaran mata kuliah Taksonomi Invertebrata. Hasil uji validitas yang dilakukan validator dalam aspek isi, motivasi dan tampilan, menunjukkan bahwa e-learning yang dihasilkan valid, dengan nilai validasi 3,62. Hasil uji praktikalitas pada mahasiswa, menyangkut aktivitas pembelajaran, kemudahan dan manfaat yang didapat menunjukkan strategi ini praktis dengan nilai praktikalitas 3,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-learning interaktif yang dihasilkan pada mata kuliah Taksonomi Invertebrata yang dikembangkan, valid dan praktis digunakan untuk perkuliahan.


Keyword: E-learning, Taksonomi invertebrata


Sumber:
http://irfandani.blogspot.com/2010/01/biologi-e-learning-fmipa-unp.html
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/105
http://pustaka.pandani.web.id/2013/07/irfan-dani-pengembangan-strategi.html

0 Response to "PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK E-LEARNING (ELECTRONIC LEARNING) PADA MATA KULIAH TAKSONOMI INVERTEBRATA"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr