PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERKARAKTER UNTUK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA*)



Heffi Alberida**)
 Ardi**) dan Prima Mutia Sari***)
 


ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membangun karakter siswa yang sebaiknya terintegrasi ke dalam setiap rencana dan pelaksanaan pembelajaran. RPP berkarakter merupakan rencana yang menggambarkan prosedur pembelajaran yang memuat karakter apa yang dapat ditanamkan melalui model pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem peredaran darah di SMA, melihat validitas dan keterlaksanaan RPP yang dihasilkan serta respons siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan.
            Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) sedangkan penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Subjek uji coba RPP adalah siswa SMAN 3 Padang kelas XI IPA7. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari validasi RPP, keterlaksanaan RPP, dan respons siswa. Data validasi dan keterlaksanaan RPP dianalisis dengan analisis deskriptif dengan range 1-4, data respons siswa dianalisis dengan hasil berupa persentase.
            Dari penelitian ini dihasilkan RPP berkarakter untuk model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem peredaran darah. Validitas RPP yang dihasilkan berkategori baik dengan rata-rata 3,25. Keterlaksanaan berkategori sangat baik dengan rata-rata nilai 3,55. Respons siswa terhadap RPP yaitu 69,44% yang berarti siswa merasa senang terhadap model pembelajaran yang digunakan. 61,11% siswa sangat setuju jika guru menegur siswa yang tidak bertanggung jawab dan bekerja sama dan 72,22% siswa dapat mengikuti dengan mudah kegiatan pembelajaran. 75% siswa berminat mengikuti pembelajaran pada pembelajaran berikutnya atau pokok bahasan lain.

Kata kunci : Pendidikan karakter, RPP, Pembelajaran berbasis masalah
 



*)      Makalah disampaikan dalam acara SEMINAR NASIONAL dan MUBES ILUNI BIO III Universitas Negeri Padang, di Padang Panjang 26-27 Februari 2011
**)    Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA UNP
***)  Alumni Jurusan Biologi FMIPA UNP


0 Response to "PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERKARAKTER UNTUK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA*)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr