Zulyusri*), Helendra*),Ria Anggriyani**)
*)Staf Pengajar
Jurusan Biologi FMIPA UNP,email: zulyusri04@yahoo.com
**)Mahasiswi
Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNP
ABSTRAK
Salah satu kendala yang ditemukan di Rintisan Sekolah Berstandar
Internasional (RSBI) adalah terbatasnya jumlah media cetak
bilingual yang sesuai dengan kurikulum 2006/KTSP untuk menunjang pembelajaran.Masalah
lain adalah belum tersedianya modul bilingual dilengkapi peta konsep yang valid
dan praktis yang dapat menyamakan pemahaman siswa
terhadap pembagian sub-sub konsep materi sistem regulasi yang berbeda dari
beberapa buku ajar yang digunakan di RSBI. Berdasarkan hal tersebut perlu
dikembangkan modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem
regulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas
modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem regulasi yang
dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D models yang terdiri dari 4 tahap,
yaitu dimulai dengan tahap define
(pendefinisian),
design (perancangan) dan
develop (pengembangan), sedangkan tahap disseminate (penyebaran)
tidak dilakukan. Hasil uji validitas dan uji
praktikalitas menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan
memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di RSBI Kelas XI.
Kata kunci: media,
modul bilingual, peta konsep,4-D models, valid dan
praktis.
0 Response to "PENGEMBANGAN MODUL BILINGUAL DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM REGULASI SESUAI KURIKULUM 2006 UNTUK KELAS XI SEMESTER II RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL (RSBI)"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr