PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

CONTOH KKO SESUAI KARAKTERISTIK MATA PELAJARAN




Berhubungan dengan Kompetensi Matematika

§  Menambah (add)                                               ▪  Membagi dua (bisect)
§  Menghitung/mengkalkulasi (calculate)                     ▪  Mencek/meneliti (check)
§  Membatasi (circumscribe)                                   Menghitung (count)
§  Menghitung/mengkomputasi (compute)            ▪  Memperbanyak (cumulate)
§  Mengambil dari (derive)                                    ▪  Membagi (divide)
§  Memperkirakan (estimate)                                 Membuat grafik (graph)
§  Menyarikan/menyimpulkan  (extract)               ▪  Memperhitungkan (extrapolate)
§  Memadukan/mengintegrasikan (integrate)        ▪  Mengelompokkan (group)
§  Menyisipkan/menambah (interpolate)              ▪  Mengukur (measure)
§  Mengalikan/memperbanyak (multiply)                     ▪  Menomorkan (number)
§  Membuat peta (plot)                                         ▪  Membuktikan (prove)
§  Mengurangi (reduce)                                                ▪  Memecahkan (solve)
§  Mengkuadratkan(square)                                   ▪  Mengurangi (substract)
§  Menjumlahkan (sum)                                         ▪  Mentabulasi (tabulate)
§  Mentally (tally)                                                 ▪  Memverifikasi (verify)



Berhubungan dengan Kompetensi Sains


§  Menjajarkan (align)
§  Menerapkan (apply)
§  Melampirkan (attach)
§  Menyeimbangkan (balance)
§  Mengkalibrasi (calibrate)
§  Melaksanakan (conduct)
§  Menghubungkan (connect)
§  Mengganti (convert)
§  Mengurangi (decrease)
§  Mempertunjukkan/memperlihatkan (demonstrate)
§  Membedah (dissect)
§  Memberi makan (feed)
§  Menumbuhkan (grow)
§  Menambahkan/meningkatkan (increase)         
§  Memasukkan/menyelipkan (insert)
§  Menyimpan (keep)
§  Memanjangkan (lenghthen)
§  Membatasi (limit)
§  Memanipulasi (manipulate)
§  Mengoperasikan (operate)
§  Menanamkan (plant)
§  Menyiapkan (prepare)
§  Memindahkan(remove)
§  Menempatkan kembali(replace)
§  Melaporkan (report)
§  Mengatur ulang (reset)
§  Mengatur (set)
§  Menentukan/menetapkan (specify)
§  Meluruskan (straighten)
§  Mengukur waktu (time)
§  Mentransfer (transfer)
§  Membebani/memberati (weight)


Berhubungan dengan Kompetensi Berbahasa


§  Menyingkat/memendekkan (abbreviate)
§  Memberi tekanan pada sesuatu /menekankan (accent)
§  Mengabjad/menyusun menurut abjad (alphabetize)
§  Mengartikulasikan/ mengucapkan kata-kata dengan jelas (articulate)
§  Memanggil (call)
§  Menulis dengan huruf besar (capitalize)
§  Menyunting/mengedit (edit)
§  Menghubungkan dengan garis penghubung (hyphenate)
§  Memasukkan (beberapa spasi) /melekukkan (indent)
§  Menguraikan/memperlihatkan garis bentuk/ menggambar denah atau peta (outline)
§  Mencetak (print)
§  Membaca (read)
§  Mendeklamasikan/membawakan/ menceritakan (recite)
§  Mengatakan (say)
§  Menandai (sign)
§  Berbicara (speak)
§  Mengeja (spell)
§  Menyatakan (state)
§  Menyimpulkan (summarize)
§  Membagi atas suku-suku kata (syllabicate)
§  Menceritakan (tell)
§  Menerjemahkan (translate)
§  Mengungkapkan dengan kata-kata (verbalize)
§  Membisikkan (whisper)
§  Mengucapkan/melafalkan/menyatakan (pronounce)
§  Memberi atau membubuhkan tanda baca (punctuate)
§  Menulis (write)


Berhubungan dengan TIK – Lorin Anderson, 1990

Key terms - Remembering
·       Recognizing, listing, describing, identifying, retrieving, naming, locating, finding, bullet pointing, highlighting, bookmarking, social networking, Social Bookmarking, favorite-ing/local bookmarking, searching, Googling.

Key terms – Understanding
·       Interpreting, summarizing, inferring, paraphrasing, comparing, explaining, exemplifying, advanced searching, Boolean searching, blog journaling, twittering, categorizing and tagging, commenting, annotating, subscribing.

 Key terms – Applying
·              Implementing, carrying out, using, executing, running, loading, playing, hacking, uploading, sharing, editing.

Key terms – Analyzing
·              Comparing, organizing, deconstructing, attributing, outlining, finding, structuring, integrating, mashing, linking, reverse-engineering, cracking, mind-mapping, validating, tagging.

Key terms – Evaluating
·       Checking, hypothesizing, critiquing, experimenting, integrating judging, testing, detecting, monitoring, (Blog/vlog), collaborating, networking, reflecting, (Alpha & beta)testing. 

Key terms – Creating
·       Designing, constructing, planning, producing, inventing, devising, making, programming, filming, animating, blogging, video blogging, mixing, re-mixing, wiki-ing, publishing, videocasting, podcasting, directing/producing, creating or building mash up.



Berhubungan dengan Perilaku Kreatif


§  Mengubah (alter)
§  Menanyakan (ask)
§  Mengubah (change)
§  Merancang (design)
§  Menggeneralisasikan (generalize)
§  Memodifikasi (modify)
§  Menguraikan dengan kata-kata sendiri   (paraphrase)
§  Meramalkan (predict)                             
§  Menanyakan (question)
§  Menyusun kembali (rearrange)
§  Mengkombinasikan kembali (recombine)
§  Mengkonstruk kembali (reconstruct)
§  Mengelompokkan kembali (regroup)
§  Menamakan kembali (rename)
§  Menyusun kembali (reorder)
§  Mengorganisasikan kembali (reorganize)
§  Mengungkapkan kembali (rephrase)
§  Menyatakan kembali (restate)
§  Menyusun kembali (restructure)
§  Menceritakan kembali (retell)
§  Menuliskan kembali (rewrite)
§  Menyederhanakan (simplify)
§  Mengsintesis (synthesize)
§  Mengsistematiskan (systematize)


Berhubungan dengan Kompetensi Berpikir tingkat Tinggi
(complex, logical, judgmental behaviors)


§  Menganalisis (analyze)
§  Menghargai (appraise)
§  Menilai (assess)
§  Mengkombinasikan (combine)
§  Membandingkan (compare)
§  Menyimpulkan (conclude)
§  Mengkontraskan (contrast)
§  Mengkritik (critize)
§  Menarik kesimpulan (deduce)
§  Membela/mempertahankan (defend)
§  Menunjukkan / menandakan (designate)
§  Menentukan (determine)
§  Mencari /menjelajah (discover)
§  Mengevaluasi (evaluate)
§  Merumuskan (formulate)
§  Membangkitkan/menghasilkan/ menyebabkan (generate)
§  Membujuk/menyebabkan (induce)
§  Menduga/Mengemukan pendapat/mengambil kesimpulan (infer)
§  Merencanakan (plan)
§  Menyusun (structure)
§  Menggantikan (substitute)
§  Menyarankan (suggest)
§  Memilih (choose)
§  Mengumpulkan (collect)
§  Mendefinisikan (define)
§  Menjelaskan sesuatu (describe)
§  Mendeteksi (detect)
§  Membedakan antara 2 macam (differentiate)
§  Membedakan/Memilih-milih (discriminate)
§  Membedakan sesuatu (distinguish)
§  Mengidentifikasi (identify)
§  Mengindikasi (indicate)
§ Mengisolasi (isolate)
§ Mendaftarkan (list)
§ Memadukan (match)
§ Meniadakan (omit)
§ Mengurutkan (order)
§ Mengambil (pick)
§ Menempatkan (place)
§ Menunjuk (point)
§ Memilih (select)
§ Memisahkan (separate)

0 Response to "CONTOH KKO SESUAI KARAKTERISTIK MATA PELAJARAN"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr