PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pembagian transpor aktif


Berdasarkan penggunaan energi, transpor aktif dibagi menjadi dua, yaitu :
1.      Transpor aktif langsung
Transpor aktif langsung terjadi ketika pemompaan ion melawan gradient konsentrasi dengan menggunakan energi ATP. Contoh transpor aktif langsung, yaitu pemompaan ion Na+ atau K+. Sel mempertahankan  Nadiluar sel lebih tinggi dari pada di dalam sel dan sebaliknya, mempertahankan K+  di dalam sel lebih tinggi dibandingkan di luar sel. Proses transpor aktif yang berlawanan dan berlangsung secara bersamaan oleh protein transporter ini disebut Antiport.
2.      Transpor aktif tidak langsung

Apabila suatu membran melakukan transpor aktif, maka akan langsung menyebabkan timbulnya gradient konsentrasi, yaitu konsentrasi pada daerah tujuan transpor aktif semakin tinggi. Energi yang berasal dari gradient konsentrasi inilah yang dimanfaatkan transporter untuk proses transportasi aktif secara tidak langsung. Proses ini bersamaan dengan pemompaan ion atau dikenal dengan Simport. Contoh transpor ion yang melakukan proses ini ialah transpor Na+  dan glukosa yang sama- sama ditranspor dalam satu arah [pustaka pandani].

0 Response to "Pembagian transpor aktif"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr