PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Kuesioner Lanjutan



   URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strategi yang cerdik untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pelajaran setelah larna berakhir. Strategi Ini juga berfungsi sebagai cara untuk tetap berhubungan dengan siswa.

   PROSEDUR
1.      Jelaskan kepada siswa bahwa anda hendak mengirimi mereka kuesioner lanjutan satu bulan mendatang. Kuesioner itu dimaksudkan untuk (1) membantu mereka mengevaluasi apa yang telah mereka pelajari dan seberapa bagus capaian mereka dan (2) memberi anda umpan balik
2.      Katakan kepada mereka untuk mengisi kuesioner demi kebaikan mereka sendlri. Perintahkan mereka untuk mengemballkan kuesioner itu kapan saja mereka meng-hendaki.
3.      Ketika anda menyusun kuesioner, pertimbangkan beberapa saran berikut ini:
·         Usahakan agar nada pertanyaannya informal dan ramah.
·         Campurkan pertanyaan-pertanyaannya agar pertanyaan yang paling mudahlah yang  lebih dahulu diisi. Gunakan format semisal cheklist. skala penilaian, kalimat tak lengkap, dan esai pendek.
·         Tanyakan tentang apa yang paling mereka ingat, ketrampilan apa yang sekarang mereka terapkan, dan keberhasllan apa yang telah mereka capai.
·         Tawarkan  kepada siswa peluang untuk bertanya kepada anda tentang persoalan dan cara penerapannya.
Berikut adalah contohnya:
Setelah berpartisipasi dalam sebuah pelajaran "Komunikasi Asertif," siswa diberikan kuesioner lanjutan seperti misal:
Halo! Bagamana kabarnya? Saya harap kalian memiliki kesempatan untuk menerapkan ketrampilan. komunikasi asertif kalian. Seperti saya janjikan, saya mengirimi kalian kuesioner ini guna. membantu kalion meninjau ulang dan menilai kemampuan kalian untuk memantapkan diri dalam mencapai tujuan kalian. Dengan mengirimkan kembali kuesioner ini kepada. saya, kalian juga akan membantu saya mengevaluasi pengaruh dari pelayanan yang saya ajarkan. Terima kasih!
1. Peringkatkanlah situasi-situasi berikut ini berdasar-kan urutan kesulitannya menurut kalian pada skala dari 1 (sangat tidak sulit) hingga 5 (amat sangat sulit).
_______Mengatakan "Tidak" tanpa meminta maaf.
_______Memulal percakapan.
_______Mencurahkan perasaaan secara jujur.
_______Bersikap menyakinkan.
_______Menghadapi orang yang sangat sulit.
2. Indikaslkan tingkat kesulitan yang kalian imliki dalam situasi berikut ini:
Berbicara dengan lawan jenis                           _____              _____  _____
Mendlsipllnkan anak Berbicara di telepon       _____              _____  _____
Meminta kenaikan gaji                          _____              _____  _____
Berbicara dalam kelompok                               _____              _____  _____
Menolak tawaran sales                                      _____              _____  _____
Mengembalikan makanan di sebuah restoran   _____              _____  _____
3.   Jelaskan dengan singkat situasi saat Ini. di mana Italian bertindak secara tegas:
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________

4. Jelaskan situasi terkini dimana kalian tidak bertindak tegas  dan menyesalinya         
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
5. Lengkapilah pernyataan berikut ini:
______ Tolong Telepon saya. Saya mengalami kesulitan dengan _____
______ Semuanya baik-baik saja kok. Tidak perlu menelpon saya.

VARIASI
1.      Kirimkan materi lanjutan yang mungkin menarik bagi siswa.
2.      Sebagai alternatif dari pengalaman kuesioner, wawancarailah siswa via telepon atau secara empat mata. Gunakan sampel kecil jika jumlah siswanya banyak.





0 Response to "Kuesioner Lanjutan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr