PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

TERMOMETER BADAN DENGAN OUTPUT SUARA DAN DISPLAY DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51 MENGGUNAKAN IC ISD2590

Oleh: fitria wirda


Abstrak
Perkembangan teknologi telah menghasilkan instrumen-instrumen yang lebih akurat dan lebih teliti. Elektronika mempunyai peranan yang penting dalam berbagai aspek kehidupan seperti pada rumah tangga, industri komunikasi, transportasi, eksperimen di laboratorium dan sebagainya. Salah satu perkembangan teknologi tersebut adalah sistem pengukuran temperatur badan. Pada umumnya termometer dirancang untuk orang yang memiliki kondisi fisik normal terutama dalam kemampuan melihat. Orang cacat khususnya orang buta, akan menemui kesulitan dalam menggunakan termometer yang ada. Berkaitan dengan masalah tersebut, makalah ini menjelaskan tentang perancangan termometer badan untuk mereka yang mengalami keterbatasan dalam melihat.

Secara umum termometer badan dengan output suara ini menggunakan sensor LM35, ADC0804, mikrokontroller AT89C51 dan ISD 25120. Range pengukuran termometer ini adalah suhu 250C – 500C. Hasil pengujian menunjukkan bahwa termometer yang telah didisain memiliki respon yang lebih cepat dalam mencapai suhu tubuh dibandingkan dengan termometer air raksa. Waktu respon termometer ini adalah 5 menit dengan error output suhu adalah 0,19 0C. Output suara yang dihasilkan sangat jelas. Sehingga alat ini cukup baik untuk digunakan sebagai termometer badan.
Kata kunci : termometer, mikrokontroler AT89C51, ISD 25120



Abstract

 Tecnology development improved some intstrument that more accurated. Elektronica have important part in human life, such as at home, industry, communication, transportation, exsperiment on laboratorium, etc. One of tecnology development tool is thermometer.  Generally, thermometer was designed for they who have normal physical condition, especially in seeing ability. Blind person have difficulty for using that thermometer. Refers to this condition, this paper explains about design of thermometer which can be used by blind person.

Generally, this thermometer, which is equipped by sound output, uses LM35 sensor, ADC0804, AT89C51 microcontroller and ISD 25120. Measurement range of this thermometer is 25 0C – 50 0C. The result showed that this thermometerhas time respon faster than mercury thermometer. It only needs 5 minutes to reach normally body temperature with output error is 0.19 0C. The sound output is very clear. Therefore this tool is good enough to be used as a clinical thermometer.

Keywords : thermometer, AT89C51 microcontroller, ISD 25120



Link:

 

0 Response to "TERMOMETER BADAN DENGAN OUTPUT SUARA DAN DISPLAY DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER AT89C51 MENGGUNAKAN IC ISD2590"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr