PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah


1.    Anemia
merupakan kondisi kekurangan jumlah sel darah merah atau hemoglobin
2.    Polisitemia
di tandai dgn meningkatnya eritrosit melebihi normal,sehingga darah menjadi kental.menaikan viskonsitas, dan menurunkan kecepatan aliran darah
3.    Leukimia (kanker darah)
 terjadi karena sel darah putih aktif membelah,sehingga produksi leokosit terlalu banyak dan kemudian menahan sel darah merah.
4.    Hipertensi
terjadi jika sistol darah lebih tinggi dari 120 mmHg dan tekanan diastolnya lebih tinggi dari 80 mmHg. Pada hipertensi otot jantung bekerja lebih keras yg akhir nya membesar khususnya bilik kiri dan dapat mengakibatkan gagal jantung,pendarahan otak (stroke),pecahnya pembuluh kapiler jantung dan pecah nya pembuluh darah retina
5.    Hipotensi
terjadi jika sistol darah kurang dari 120 mmHg dan tekanan diastol kurang dari 80 mmHg. Penderita hipotensi dapat mengalami pingsan.

6.    Atherosklerosis
merupakan penimbunan lemak pada arteri sedangkan arteriosklerosis adalah penimbunan zat kapur/kalsium di dinding arteri
7.    Penyaki kaki gajah (elephantiasi)
Penyakit kaki gajah disebabkan karena larva cacing filaria. Larva cacing filaria ini masuk ke dalam darah melalui gigitan nyamuk Culex sp. Larva ini kemudian terbawa dalam peredaran darah. Di dalam pembuluh getah bening (limfa) larva akan menetas menjadi cacing. Cacing-cacing tersebut akan menyumbat saluran limfa dan menyebabkan pecahnya saluran limfa. Cairan limfa yang keluar dari saluran inilah yang akan mengisi jaringan dibagian kaki sehingga kaki menjadi bengkak.
8.    Varises
Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami pelebaran pada pembuluh balik (vena), kebanyakan terdapat pada bagian kaki atau betis. penyebabnya adalah aliran darah yang tidak lancar. Ini sering dialami oleh seseorang yang banyak melakukan kegiatan dengan berdiri dan sering pula dialami wanita yang sedang hamil.
9.    Wasir (hemoroid )
Tanda-tanda penyakit ini, yaitu adanya pelebaran pembuluh balik (vena) yang terdapat di bagian dubur. Faktor pencetus biasanya karena aktivitas mengejan.

10.    Sklerosis
Sklerosis ditandai dengan adanya pengerasan pada pembuluh nadi. Pengerasan ini disebabkan oleh endapan senyawa lemak maupun kapur.

11.    Miokarditis
            Penyakit ini diakibatkan radang yang terjadi pada otot jantung.

12.    Koronariasis merupakan penyempitan atau penyumbatan nadi tajuk (arteri koronari) pada  jantung. Melalui nadi tajuk tersebut, jantung mendapat  makan dan  oksigen. Nadi tajuk berukuran kecil sehingga bila tersumbat, denyut jantung dapat  terganggu atau terhenti. Penderita yang terkena koronariasis akan merasakan sakit di bagian dada  (jantung). Koronariasis disebabkan oleh terbentuknya gumpalan darah pada dinding dalam arteri koronaria. Gumpalan ini disebabkan oleh menumpuknya  kolesterol di dalam dinding arteri.

13.    Eritroblastosis fetalis ( penyakit kuning)

Penyebab penyakit ini adalah rusaknya sel darah merah bayi oleh aglutinin ibunya.  

0 Response to "Penyakit pada Sistem Peredaran Darah"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr