PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN PENJASKES




STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR ESENSIAL
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran penjasorkes 

















1.1. Menjelaskan dimensi filosofis pendidikan jasmani termasuk etika sebagai aturan dan profesi


1.1.1 Menjelaskan pengertian pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan
1.1.2 Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan
1.1.3 Mengimplementasikan fungsi dan manfaat pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan pendidikan kesehatan dalam pembelajaran di sekolah
1.2.  Menganalisis perkembangan gerak dan belajar gerak peserta didik


1.2.1. Menjelaskan konsep dan tahap perkembangan dan belajar gerak
1.2.2. Menerapkan prinsip perkembangan dan belajar motorik dalam melakukan pembelajaran penjasorkes
1.3. Memilih aktivitas dalam pengembangan pola gerak dasar.


1.3.1 Menjelaskan konsep dasar pola gerak dasar
1.3.2 Mengkreasikan berbagai permainan sederhana untuk pengembangan pola gerak dasar
1.3.3 Mengevaluasi materi pembelajaran untuk mengembangkan pola gerak dasar
 1.4. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga




1.4.1 Menjelaskan konsep aktivitas permainan dan olahraga
1.4.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup permainan dan olahraga
1.4.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar dan peraturan permainan dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga
1.4.4 Mengevaluasi materi pembelajaran lingkup aktivitas permainan dan olahraga
 1.5. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan kebugaran



1.5.1 Menjelaskan konsep aktivitas pengembangan kebugaran
1.5.2 Mengidentifikasi unsur kebugaran jasmani
1.5.3 Mengidentifikasi jenis dan mengkreasikan berbagai program latihan keterampilan aktivitas pengembangan kebugaran
1.5.4 Mengevaluasi materi pembelajaran aktivitas pengembangan kebugaran











 1.6. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas senam dan senam ritmik




1.6.1 Menjelaskan konsep aktivitas senam dan aktivitas ritmik
1.6.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas senam dan aktivitas ritmik
1.6.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar dan menganalisis peraturan permainan dalam  lingkup aktivitas senam dan aktivitas ritmik
1.6.4 Mengevaluasi materi pembelajaran lingkup aktivitas senam dan aktivitas ritmik
1.7 Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas air


1.7.1 Menjelaskan konsep aktivitas air
1.7.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas air
1.7.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar dan menganalisis peraturan permainan dalam lingkup aktivitas air
1.7.4 Mengevaluasi materi pembelajaran lingkup aktivitas air
1.8. Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pendidikan luar kelas
.

1.8.1 Menjelaskan konsep aktivitas pendidikan luar kelas
1.8.2 Mengidentifikasi jenis aktivitas dalam lingkup aktivitas pendidikan luar kelas
1.8.3 Melakukan berbagai keterampilan dasar aktivitas pendidikan luar kelas dalam pembelajaran
1.8.4 Mengevaluasi materi pembelajaran aktivitas pendidikan luar kelas
1.9. Memilih materi pembelajaran kesehatan


1.9.1 Menjelaskan konsep kesehatan
1.9.2 Mengidentifikasi materi kesehatan
1.9.3 Mengevaluasi materi pembelajaran kesehatan
  Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar matapelajaran/bidang pengembangan yang diampu









2.1. Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu


2.1.1. Mengidentifikasi landasan yuridis standar kompetensi mata pelajaran penjas
2.1.2 Menganalisis lingkup/standar mata pelajaran penjas
2.1.3 Menganalisis standar kompetensi mata pelajaran penjas
 2.2. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu

2.2.1. Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran penjas
2.2.2.Memetakan kompetensi dasar penjas berdasar lingkup, ranah, dan gradasinya
2.3 Memahami tujuan
Pembelajaran yang diampu



2.3.1. Menjelaskan konsep dasar perumusan tujuan pembelajaran
2.3.2. Mengidentifikasi ranah pembelajaran
2.3.3. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
2.3.4. Merumuskan tujuan pembelajaran
 Mengembangkan materi pembelajaran penjasorkes secara kreatif




 3.1. Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
3.1.1.Menjelaskan karakter peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya
3.1.2. Menjelaskan karakter setiap materi pembelajaran dan kesesuaiannya dengan kompetensi yang akan dicapai
3.1.3. Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
3.2. Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
3.2.1. Menjelaskan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran
3.2.2. Memodifikasi materi pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didik
 Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan
Tindakan reflektif

4.1. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus

4.1.1. Menjelaskan kompetensi profesi yang harus dimiliki guru
4.1.2. Mengidentifikasi rumusan indikator kinerja guru
4.1.3. Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment)
 4.2. hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan
4.2.1. Memaknai hasil penilaian mandiri
4.2.2. Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri


Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangk an diri
5.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikas
5.1.1. Menjelaskan berbagai manfaat TIK
dalam pembelajaran


Link:

0 Response to "KISI-KISI SOAL UK PPG SM3T PRODI PENDIDIKAN PENJASKES"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr